Kamis, 06 September 2012

Catatan Kelam anak Negri





Catatan Pinggir dari anak Negri
Artikel ini saya tulis bukan untuk menghujat takdir, apalagi keputusan mutlak yang sudah ditentukan oleh Sang Pencipta, hanya sekedar berbagi..bahwa arah dan jalan hidup adalah pilihan..hanya mungkin kesempatan buat saya yang belum tiba.


Saya adalah bukan seorang pahlawan, bahkan sekedar keturunan putra pejuang pun tidak..
Itulah kesalahan saya...

Seandainya kalau saya sudah ada pada waktu itu..
mungkin menjadi seorang tokoh yang bisa membuat sejarah Indonesia tidak terlalu lama dijajah..sehingga negri ini sudah bisa membangun sosial, budaya, politik dan terutama ekonomi yang lebih baik.

Mungkin para pahlawan yang gugur ..akan meratap melihat negri ini sekarang.. dan mungkin juga menyesali dan mempertanyakan kembali.. apakah perjuangan yang sudah dilakukan menjadi sia sia belaka...
Karena Melihat negri sekarang ini .. bukan lebih baik.. malah compang camping

Dibidang sosial.. apa yang mau enak dilihat
Pembangunan yang tidak merata...
Bahkan membangun apa sih?
Itu memang kesalahan saya..

Kenapa saya tidak bisa jadi gubernur untuk daerah yang tertinggal
Tentu saya akan menggugat pemerintah pusat.. dan saya tidak takut dengan presiden kalau kebijakan pemerintah tidak adil..lagipula saya dipilih bukan oleh presiden tapi dipilih oleh rakyat daerah.

Dibidang budaya; saya tidak bisa apa apa
Betapa sedih kebudayaan negri ini yang tidak banyak berkembang di dunia luar
Dari dulu hanya bali dan bali saja yang mereka lebih tahu..
Peninggalan peninggalan sejarah yang banyak tidak terpelihara dengan baik
Jangankan biaya observasi untuk penemuan peninggalan sejarah budaya yang miskin anggaran,
Seni budaya yang sudah ada pun dan sering di obok obok oleh negara lain pun masih bersikap tenggang rasa..
Itulah kesalahan saya..

Kenapa saya tidak punya anggaran banyak.. padahal kalau ada sudah saya daftarkan ke UNESCO
semua nama peninggalan sejarah seni budaya negri, karena dengan begitu mungkin salah satu cara saya secara nyata mencintai dan menghargai warisan budaya leluhur.

Di bidang politik;sungguh tragis melihat faktanya sekarang
Duh gusti ..pada kemana pemimpin negri ini,
Lihatlah pertikaian warga didaerah semakin banyak, teror bom semakin meningkat
Mungkin teror adalah salah satu bentuk protes menandakan cermin pemimpin yang kurang wibawa, arif dan bijak, karena bentuk demo sudah tidak ampuh lagi untuk didengar ..
Ini adalah salah saya ..

Kenapa saya tidak menjadi anggota dewan .. yang tentunya lebih banyak mendengar dan membela kepentingan rakyat banyak..tidak terlena dan hanya mendengar gemerincing uang logam yang haram..dan yang hanya menuntut pasilitas.. yah ini salah saya juga, kenapa saya tidak sekalian menjadi ketua dewan.. yang bisa mengambil keputusan untuk menindak anggota yang tidak becus mengurus aspirasi rakyat..

Dibidang Ekonomi, ini yang penting.. tiang utama negri malah semakin keropos
Karena apabila suatu negri ekonomi baik.. tentunya rakyatnya pun ikut menikmatinya
Tidak seperti sekarang ini,
Berbagai sektor ekomoni mengalami devisit..
Harga harga cenderung naik yang tidak diimbangi dengan pendapatan penduduk
Kemiskinan bertambah karena pengangguran malah semakin berlimpah
Itulah kesalahan saya..

Mengapa Saya tidak bisa setidaknya menjadi pengusaha sukses dan mapan .. paling tidak saya bisa membangun sektor di berbagai daerah yang tertinggal.. dan sekaligus bisa menyerap tenaga kerja, dan yang tidak hanya mengandalkan mencari nafkah yang lebih baik untuk datang ke ibukota.

Dan yang paling parah jika melihat sekarang ini Korupsi dimana mana..
Seolah olah pimpinan pemerintah masa bodo dengan kejadian didepan mata,
Banyak berita di berbagai kementrian bukan hanya korupsi uang.. tapi waktu juga semakin banyak dikorupsi..
Itulah kesalahan saya ..
Yang tidak bisa jadi penasehat presiden..
Tentunya saya akan mengingatkan presiden untuk lebih melihat kejadian ini,
Karena dengan tidak mengambil sikap dan tindakan yang tegas ..
Bukan hanya wibawa yang dipertaruhkan.. tapi penyesalan rakyat yang ikut memilih karena telah salah pilih..Pemimpin bangsa yang tidak bisa apa apa ..
Kalau sekarang negri ini tidak ada yang bisa dibanggakan..bahkan hanya untuk sekedar bidang olah raga..
Iinilah juga kesalahan saya ..

kenapa saya tidak bisa menjadi salah satu atlit yang baik dan berprestasi, dan kalau pun itu tidak bisa saya lakukan, kenapa saya tidak bisa menjadi menteri olahraga sekalian.. biar bisa mencari dan membina bibit olah raga yang berprestasi dan bisa membanggakan.. tidak terlena dengan kekuasaan yang saat ini semu.
Dana uang untuk pembinaan atlit dan membangun gedung olahraga yang baik bisa saya bangun dengan laporan yang benar dan transparan.

Duh..para leluhur dan para pahlawan, maafkan saya..
Semua yang terjadi itu memang salah saya ..
Karena saat ini saya tidak bisa menjadi salah seorang pemimpin dari mereka.. yang tidak bisa ikut juga mengingatkan kelalaian kebijakan yang salah..

Saya juga ikut bersalah kalau ternyata reformasi dulu ikut ikutan mendoakan agar sukses, ternyata malah seperti ini..

Dan kalau masa depan negri ini masih kelam..
Menangislah para leluhur..
Menangislah para pahlawan...
semua adalah kesalahan saya ..
karena saat ini saya tidak bisa berbuat apa-apa


Pondok Ungu, September 2012
penulis, wawan surya



Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
id.wikipedia

Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.