Rabu, 12 September 2012

Tips kehilangan ide untuk Tulis artikel di blog



Cari ide sambil nongkrong di WC
Sebenarnya yang namanya ide itu ada dimana-mana. Tetapi kalau memang kita belum peka terhadap keberadaan ide itu sehingga bingung mau menulis apa, coba saja blogwalking. Dengan membaca blog orang lain bisa jadi kita kemudian dapat inspirasi. “ya, ternyata menulis tentang kebiasaan kita juga bisa, misalnya “ Bagaimana cara buang air  yang baik dan sopan di WC " .haha.. itu sekedar contoh, atau cara membersihkan halaman yang kotor tanpa sapu? Nah lho gimana caranya tuh!”






Sudah punya ide, tapi bagimana cara menuliskannya ..

Penulis pemula (termasuk saya) suka bingung bagaimana menuangkan ide menjadi tulisan. Apalagi ada yang bilang kalau kita harus menjadi diri sendiri saat menulis, jangan meniru gaya penulisan orang lain. Benar sih, tapi kalau kita sendiri belum menemukan jati diri gimana?
Menurut saya sah aja, kita meniru gaya penulis yang kita idolakan. Asal jangan plagiat isi tulisannya ya. Namanya juga belajar. Proses penemuan jati diri itu nggak bisa langsung jadi . Lama kelamaan kalo udah terbiasa menulis, saya yakin kita akan punya gaya penulisan sendiri yang meskipun mungkin serupa dengan penulis idola kita, tapi percayalah tetap ada bedanya.

Copy Paste dari blog atau artiel lain ..

Tips berikutnya apabila kita tidak memiliki ide, tentunya semua orang pasti punya keingin tahuan, baik tentang produk atau sekedar informasi , nah bagi anda yang sering sering jelajah di google, pasti ada artikel yang menarik, copy saja lalu simpan di blog kita sebagai arsip. Dan kalau kita ingin mempostingnya juga menurut saya tidak apa- apa, asal cantumkan juga sumbernya, mengapa? Ya tentunya ini adalah salah satu bentuk cara belajar menghargai karya orang lain. Dan yang pasti kita juga akan tahu selanjutnya dari kelanjutan artikel tersebut, apabila kita tahu sumbernya.
Seperti postingan ini juga, yang saya sadur dari salah satu blog, tapi kebetulan blognya saya lupa, karena waktu saya copas eh laptopnya langsung mati, jadi saya tidak tahu sumbernya.
Maaf ya, kalau yang punya artikel ini masih ingat. memang artikelnya sudah saya rubah dan saya tambah, habis saya juga kehilangan ide, jadi bingung mau nulis apa di blog?

Beritahu yang lain kalau kamu baru buat tulisan

Setelah posting tulisan jangan lantas pasrah begitu aja, ada yang baca sukur, ngga ada apa boleh buat. Share postinganmu lewat twitter atau facebook. Lebih baik lagi kalau kita tergabung dalam grup blogger di FB (misal forum d’blogger, warung blogger, kumpulan emak-emak blogger, dll), bisa numpang promosi tulisan di sana.
Coba sekali sekali kunjungi atu tulis artikel di blog detik, tulisan kita nanti berkesempatan nampang di page one website nya. Selain kolom headline, masih ada kolom top posting, paling disukai, terbanyak dikomentari, hot blog, tips n trick, atau tentang blogdetik.



Sebagai penulis pemula, dimana belum banyak yang mengenal blog kita, ada baiknya mempelajari bagaimana caranya agar tulisan kita bisa menempati posisi strategis itu sehingga lebih memungkinkan banyak yang baca.

Tidak ada ‘coment’ = tidak ada yang baca?

Ada yang menganggap komentar merupakan suatu tolak ukur seberapa banyak orang yang baca atau suka dengan tulisan kita. Sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Ada juga orang yang memilih menjadi silent reader. Hanya baca saja, meskipun suka, tetap tidak mau kasih komentar. Nah, kalo mau tahu seberapa banyak orang yang sudah mengunjungi blog kita, daftarkan aja blog kita ke histats.com.

Blogwalking itu penting

Blogwalking menurut saya banyak manfaatnya. Selain bisa mendatangkan inspirasi dalam menulis, mendapatkan informasi dan teman baru, juga sebagai alternatif hiburan yang berbeda.
Jangan lupa tinggalkan komentar yang tulus setelah membaca artikel sebuah blog. Bukan sekedar kata-kata “artikel yang menarik” atau “kunjungi juga blog saya ini, ” http titik dua garis mirng dua dst..dst..…”. Komentar semacam itu bisa dianggap spam oleh si pemilik blog.
Dengan memberikan komentar yang tulus, tidak menutup kemungkinan si pemilik blog akan balik berkunjung ke blog kita dan ikut meninggalkan jejak di sana. Berawal dari saling komentar bisa juga berlanjut menjadi persahabatan yang indah di dunia maya.

Itulah sedikit informasi dan berbagi dari blog saya yang baru berusia enam bulan. Kalau diibaratkan anak kuliah baru satu semester, proses belajar dalam enam bulan masih berada dalam tahap melongo saja dikelas.

Mudah-mudahan dengan bertambahnya usia, bertambah juga kualitas isi tulisan di blog ini dan bisa mendatangkan manfaat bagi para pembacanya. Semoga ….

Edit ; wawansurya
Sumber;
http://www.affiliate-waones.com/2012/09/tips-out-of-ideas-to-write-web-articles.html

merchant 
Search Engine





Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.