Selasa, 27 Mei 2014

PSIKOTES : Pengertian, Pembahasan dan Tujuan






Pembahasan dan Pengertian Psikotes



Definisi:
Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa.

Tujuan:
Tes Psikologi digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis.


Aplikasi Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam pelatihan / training

1. Keperluan Industri
Diaplikasikan dalam perekrutan karyawan, eskalasi dan mutasi karyawan, atau sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apapun jenis usaha anda, pemeriksaan psikologis dapat dilakukan secara kelompok (klasikal) atau individual.

2. Keperluan Pendidikan
Jasa pemeriksaan psikologis juga meliputi Pengukuran, Bimbingan konseling, dan Pelatihan untuk pendidikan. Dari mulai Playgroup, TK, SD, SMP, dan SMU. Arah pemeriksaan dapat ditujukan untuk mengukur intelegensi (IQ), arah minat dan bakat, keajegan belajar, konsentrasi, kematangan emosional, interaksi sosial, kepercayaan diri, dan lain sebagainya.

3. Keperluan Management Training
Tes psikologi juga dapat dilakukan untuk memetakan kebutuhan secara organisasi atau individu dalam pelatihan manajemen. Biasanya diaplikasikan kedalam bentuk Outbound Management Training atau In Class Training. Sifat pelatihan ini terukur, karena menyertakan psikotes dalam pre-test dan post-test. Tujuan pelatihan ini bersifat team building dan organisasi untuk peningkatan skill leadership, communication skills, planning, change management, delegation, teamwork, dan motivation, atau apa saja sesuai kebutuhan.
Kelebihan pelatihan ini, seluruh aspek perilaku dan kebutuhan akan diungkap melalui psikotes, dan modul design akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan yang muncul dari hasil psikotes tersebut.

----------------------------------------------------------------

Contoh Lainnya Soal Psikotes dan Tips Mengerjakannya

Berikut dibawah ini terdapat contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.
(silahkan klik dibawah ini untuk melihat contoh Test yang lainnya selain yang dibahas pada postingan ini)

1. Tes Logika Aritmatika
2. Tes Logika Penalaran
3. Tes Analog Verbal Test
4. Tes Kraeplien/Pauli
5. Wartegg Test
6. Draw A Man Test (DAM) / Tes Menggambar Orang
7. Army Alpha IntelegenceTest
8. Draw A Tree Test (DAT) / Tes Menggambar Pohon
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tips Lulus Tes Psikotest seperti dilansir waones articles.com dari pengalaman atau learning by doing antara lain:
- PANDUAN PSIKOTES TERBARU 
- Fungsi Test Psikotest
- PSIKOTES : Pengertian, Pembahasan dan Contoh Soal >>> anda sedang baca ini
- Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes
- Definisi Psikotest dan Cara Menjawab Soal
- Kiat mengatur waktu dalam ujian Psikotes
- Latihan soal psikotes dan jawabannya
- Contoh - contoh Soal Psikotes Terbaru  

-----------------------------------------------------------------------


Soal Psikotes Bank
Soal psikotes bank seperti halnya soal psikotes yang lain untuk instansi atau perusahaan memang disiapkan sedemikian rupa agar nantinya bisa didapatkan calon yang benar benar sesuai kebutuhan. Karena memang untuk memasuki dunia kerja terutama perbankan itu bukan hal yang mudah karena butuh beberapa tahap agar anda benar benar memahami struktur kerja dan apa yang sesuai dengan skill dan background pendidikan anda, terutama bagi yang memiliki basic pendidikan ekonomi, baik akuntansi dan manajemen.

Fokus dan teliti agar anda bisa mendapatkan manfat yang realistis dan aplikatif dari informasi ini secara maksimal dan menyeluruh. Karena bank adalah institusi atau perusahaan yang menjadi tempat nasabah untuk membantu transaksi finansial dan non finansial, seperti contoh sederhana :menabung atau kegiatan nasabah menyimpan uang,kredit baik agunan dan non agunan, dan lain lainnya dibutuhkan seseorang yang jujur,ulet dan bisa bekerja keras. Disinilah peranan psikotes dilakukan untuk mengetahui secara pasti calon karyawannya,bagi anda yang pemula dan mau mengikuti tes ini ada baiknya terlebih dahulu membaca dan mempelajari soal psikotes bank.

Soal psikotes bank memiliki beberapa kriteria diantaranya untuk melihat apakah calon karyawan memiliki background pendidikan yang tepat sesuai dengan dunia kerja perbankkan dan struktur organisasi bank, memahami produk-produk perbankkan dan service, layanan nasabah bank sehingga tahu market yang tepat dan sesuai dengan target dan branding produk bank. Selain itu apakah memahami struktur kerja pada bank agar mengerti definisi pekerjaan dan kontribusi yang akan berikan ke bank agar bisa mencapai target bank serta memahami segmentasi psikotes dan psikometri terutama yang berhubungan dengan operasional angka dan bilangan. Untuk background pendidikan yang pertama jelas sudah pasti ekonomi akuntansi. Personal yang memiliki kompetensi pada latar belakang pendidikan ini intinya nanti diusahakan menguasai semua hal tentang akuntansi juga berbagai teknik dan bentuk pengeloloaan finances.

Yang kedua adalah ekonomi manajemen. Kandidat dalam segmen pendidikan ini, inti sarinya nanti diusahakan memahami kondisi pasar perbankkan dan kemampuan meraih market dan kepercayaan nasabah. Ini adalah bidang pekerjaan yang tidak mudah karena meraih kepercayaan nasabah adalah hal yang tidak mudah apalagi jaman sekarang ini, jadi wajar pihak perbankan ketat dalam menyeleksi calon karyawan dan pegawainya. Anda harus berlatih dengan rajin agar berhasil nantinya dan diterima sebagai salah satu karyawan bank dengan banyak membaca dan mempelajari soal psikotes bank.

Soal psikotes bank untuk bidang psikologi,bidang ini biasanya nanti akan masuk pada bagian Humas dan HRD (Human Resource and Development) karena kandidat pada bagian ini diharapkan paham benar kondisi psikis pasar perbankkan dan tahu kompetensi akademis orang-orang yang tepat yang akan mengisi jenjang kerja yang vital dalam perbankan seperti yang disebutkan diatas. Teknik informatika atau bidang apa saja yang berhubungan yang paling utama diusahakan memiliki kemampuan khusus dan pengelolaan jaringan komunikasi data dan database (SQL, Oracle, FoxBace, MsAccess). Inipun bisa menjadi bidang kerja dibank yang vital, karena tiga bidang kerja diatas bisa maksimal,jika di support oleh infrastruktur yang memadai baik infrastruktur jaringan listrik, infrastruktur jaringan komunikasi data dan penguasaannya pada teknologi e-comerce karena saat ini jaman teknologi.

Brand dan kompetensi sebuah bank akan juga bisa terlihat dengan adanya infrastruktur teknologi yang digunakan yang paling utama benar-benar memberikan kemudahan pada nasabah bank dengan cara unik dan futiristik. Untuk bank, injektor tes ini yang paling berhubungan langsung dengan kecakapan teknis di perbankkan, terutama daya tahan, keuletan, dan ketelitian membaca, melihat, dan mengolah angka, tentunya bukan angka sederhana dan pasti anda jauh lebih memahaminya. Untuk mengetahui sejauh mana informasi ini bisa anda dapatkan dengan cara mengakses internet dan baca serta pahami semua tentang soal psikotes bank.

Soal psikotes bank memang mencakup beberapa hal yang komplek dalam memilih materi yang akan dijadikan bahan untuk tes agar didapatkan calon karyawan yang sesuai dengan criteria dan kebutuhan perbankan. Anda yang ingin melamar kerja di bank ada baiknya mempelajari terlabih dahulu soal soal psikotes bank agar bisa dijadikan pedoman saat nanti mau menjalani tes tersebut. Untuk soal tes ini bisa anda dapatkan dari teman anda yang dulu pernah mengikuti tes tersebut atau mencarinya langsung di internet karena disana banyak disediakan berbagai macam soal psikotes bank dan anda bisa download atau membacanya langsung karena kebanyakan semuanya gratis. Dengan modal ini secara tidak langsung menjadi modal anda dalam mempersiapkan diri sejak dini dan nantinya bisa diaplikasikan saat menghadapi ujian sesungguhnya. Semoga sekilas informasi ini bisa membantu anda sebelum melangkah lebih jauh dan memberikan tambahan wawasan kepada anda tentang materi soal psikotes bank.

-------------------------

Selain Tes psikotes seperti yang telah dijelaskan disini masih panjang dan berkelanjutan. Hal diatas hanya sebagian kecil dari soal soal psikotes. Maka tips psikotes yang ampuh adalah berdoa agar lancar dalam mengerjakan psikotes. Demikian artikel psikotes .

Silahkan anda lanjutkan pada pembahasan Psikotest selanjutnya seperti yang tercantum diatas ... Atau kemenu utama PANDUAN PSIKOTES TERBARU

Semoga bermanfaat ..

Mudah-mudahan teman semua bisa lolos uji tes psikotes dan dapat diterima. Jika bermanfaat bagikan ke teman yang lain yaa :)

Sumber : Singo Group Co., PT. Gilland Ganesha, CV. Flamboyan, CV. Laris, Yayasan KPT, GigaFarm, SingoFarm, Cangkok.com, Cangkok.co.id, CV. Indragung, ggkarir.com, ggiklan.com, bursa-kerja.ptkpt.net, flamboyan.co.id, gilland-ganesha.com, ptn-pts.org, indragung.co.id, lowongan-kerja.net, kerja.biz, indonesia-info.net, laris.co.id, lowongan-kerja.kpt.co.id, beasiswa.ptkpt.net, pekerjaan.net, soal-psikotest.com, psychologymania.com, dsb.

Gambar: Google Image

Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan psikotes ini,
seyogyanya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas.


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.