Selasa, 27 Mei 2014

Test Wartegg






Mengetahui dan Belajar Test Wartegg



Tentang Wartegg Test
Wartegg test pertama kali dikembangkan oleh Krueger dan Sander dari universitas leipzig yang bertujuan untuk mengeksplorasi kepribadian dasar manusia baik itu emosi, imajinasi, kontrol, fungsi realitas pada setiap orang yang berbeda intensitas dan interelasinya.

Sungguh ironi melihat hal ini, namun inilah fakta yang sering terjadi dikalangan jobseekers atau pelamar kerja. Psikotes memang merupakan fenomena tersendiri bagi para pelamar kerja. Oleh karena itu saya ingin membantu dan akan memberikan beberapa tips mengerjakan soal Test, terutama tentang Test Wartegg dan cara agar lolos psikotes kepada Anda dan berharap Anda tidak lagi gagal dalam ujian psikotes.

----------------------------------------------------------------

Contoh Lainnya Soal Psikotes dan Tips Mengerjakannya

Berikut dibawah ini terdapat contoh soal psikotes dan cara mengerjakan soal psikotes yang sering di keluarkan oleh perusahaan dalam ujian psikotes.
(silahkan klik dibawah ini untuk melihat contoh Test yang lainnya selain yang dibahas pada postingan ini)

1. Tes Logika Aritmatika
2. Tes Logika Penalaran
3. Tes Analog Verbal Test
4. Tes Kraeplien/Pauli
5. Wartegg Test >>> anda sedang baca ini
6. Draw A Man Test (DAM) / Tes Menggambar Orang
7. Army Alpha IntelegenceTest
8. Draw A Tree Test (DAT) / Tes Menggambar Pohon
9. Edwards Personal Preference Schedule (EPPS)

Tips Lulus Tes Psikotest seperti dilansir waones articles.com dari pengalaman atau learning by doing antara lain:
- PANDUAN PSIKOTES TERBARU 
- Fungsi Test Psikotest
- PSIKOTES : Pengertian, Pembahasan dan Contoh Soal
- Tips Rahasia Lolos Seleksi Psikotes
- Definisi Psikotest dan Cara Menjawab Soal
- Kiat mengatur waktu dalam ujian Psikotes
- Latihan soal psikotes dan jawabannya
- Contoh - contoh Soal Psikotes Terbaru  

-----------------------------------------------------------------------

5. Wartegg Test

Tes ini terdiri atas 8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung.

Anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar yang telah anda buat, lalu menuliskan nomor gambar mana paling disukai, tidak disukai, sulit dan mudah menurut anda.
Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Contoh soal gambar

Pola jawaban gambar

Pola jawaban gambar1

Pola jawaban gambar2


Tips Wartegg Test:
1) Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku / konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

2) Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah digunakan penulis untuk melewati tahap psikotes ini.


Psikotes gambar wartegg
Pada wartegg test anda akan diminta menggambar kemudian menuliskan urutan gambar . Lalu menuliskan nomor pada gambar yang anda buat. Yang diukur dalam tes ini adalah tentang emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang sebagai sebagai orang yang sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang sebagai orang yang kreatif dan inovatif .

Dalam Tes Wartegg ini, anda akan disuguhi 8 kotak gambar yang berisi coretan-coretan yang belum diselesaikan. Kemudian anda diminta untuk meneruskan gambar tersebut sesuka anda. Setelah selesai anda diminta untuk menjelaskan gambar yang anda buat kepada penguji.

contoh soal wartegg tes



Keterangan gambar wartegg test :
• Contoh wartegg test nomor 1 menunjukkan kemampuan seseorang dalam proses adaptasi terhadap lingkungannya
• Contoh wartegg test nomor 2 menunjukkan fleksibilitas perasaan
• Contoh wartegg test nomor 3 menunjukkan motivasi seseorang
• Contoh wartegg test nomor 4 menunjukkan cara seseorang mengatasi masalah
• Contoh wartegg test nomor 5 menunjukkan cara seseorang mengambil keputusan
• Contoh wartegg test nomor 6 menunjukkan wartegg test analysis dan pola pikir
• Contoh wartegg test nomor 7 menunjukkan perasaan atau emosi seseorang
• Wartegg test contoh pada nomor 8 menunjukkan cara seseorang berinteraksi dalam hubungan sosial


Tips mengerjakan wartegg test
• Usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif karena akan menambah penilaian
• Gambar jangan terlalu banyak coretan banyak
• Dari 8 gambar yang anda buat, Usahakan menggambar mahluk hidup seperti tanaman, hewan atau manusia pada simbol dengan bentuk dasar lengkung yaitu pada simbol nomor 2, 7 dan 8
• Gunakanlah pensil 2B ketika menggambar wartegg test agar lebih terlihat jelas
• Tips wartegg yang lainnya adalah Gambarlah dengan goresan tajam dan jelas. Jangan menggambar dengan goresan tipis karena akan menunjukkan kepribadian anda yang lemah dan ragu-ragu.
• Menggambar tidak perlu urut dari kiri atas. Namun berilah nomor di luar kotak yang .tersedia dan seterusnya.
• Jika anda seorang laki-laki sebaiknya jangan memulai gambar dari pola lengkung begitu juga sebaliknya karena anda akan dianggap memiliki kepribadian aneh oleh penilai.


Tes Wartegg
Wartegg test atau tes wartegg terdiri dari 8 kotak dan pada masing-masing kotak berisi bentuk-bentuk tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garis saling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung.

Pada tes wartegg ini Anda akan diminta untuk melanjutkan dengan menggambar sesuatu dari bentuk tersebut, kemudian menuliskan nama benda yang Anda gambar sesuai urutan gambar yang telah Anda buat, kemudian menuliskan nomor gambar yang mana paling Anda sukai dan tidak disukai, sulit dan mudah menurut Anda. Penilaian dari tes wartegg ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek bukan mahirnya Anda dalam menggambar. Berikut ini merupakan contoh soal tes wartegg.

Contoh soal wartegg test:



Tips dan cara mengerjakan soal wartegg test sebagai berikut:
Sebaiknya pada tes wartegg ini Anda menggambar secara acak dan tidak berdasarkan nomor urut sesuai gambar, misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena jika Anda menggambar berdasarkan urutan gambar 1,2,3,4,5,6,7,8 Anda akan dipandang oleh panitia penyelenggara psikotes (HRD) sebagai orang yang kaku atau konservatif. Sedangkan jika Anda menggambar secara acak misalnya 6,1,4,2,7,8,3,5 Anda akan dipandang HRD sebagai orang yang bergerak kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

Apabila Anda bergender pria, jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks Anda. Berikut ini adalah salah satu contoh pengerjaan yang pernah saya digunakan untuk melewati tahap psikotes:

-------------------------

Selain Tes psikotes seperti yang telah dijelaskan disini masih panjang dan berkelanjutan. Hal diatas hanya sebagian kecil dari soal soal psikotes. Maka tips psikotes yang ampuh adalah berdoa agar lancar dalam mengerjakan psikotes. Demikian artikel psikotes .

Silahkan anda lanjutkan pada pembahasan Psikotest selanjutnya seperti yang tercantum diatas ... Atau kemenu utama PANDUAN PSIKOTES TERBARU

Semoga bermanfaat ..

Mudah-mudahan teman semua bisa lolos uji tes psikotes dan dapat diterima. Jika bermanfaat bagikan ke teman yang lain yaa :)

Sumber : Singo Group Co., PT. Gilland Ganesha, CV. Flamboyan, CV. Laris, Yayasan KPT, GigaFarm, SingoFarm, Cangkok.com, Cangkok.co.id, CV. Indragung, ggkarir.com, ggiklan.com, bursa-kerja.ptkpt.net, flamboyan.co.id, gilland-ganesha.com, ptn-pts.org, indragung.co.id, lowongan-kerja.net, kerja.biz, indonesia-info.net, laris.co.id, lowongan-kerja.kpt.co.id, beasiswa.ptkpt.net, pekerjaan.net, soal-psikotest.com, psychologymania.com, dsb.

Gambar: Google Image

Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan psikotes ini,
seyogyanya anda tetap mencantumkan semua sumber-sumber tersebut di atas.


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 komentar:

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog EXPO Lowongan Kerja Terbaru ane ya Lowongan Kerja BUMN

    BalasHapus

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.