Rabu, 29 April 2015

Ada 18 Tingkatan Manusia di Akhirat Nanti






Literatur Modernisasi Dalam Perspektif Islam
18 Tingkatan Manusia di Akhirat

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Hai? Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal'afiat yahh.. :SBM kali ini tidak akan memposting Artikel yang berhubungan dengan Posting dan Gambar Porno :) tetapi SBM akan mencoba menshare tentang bahasan mengenai ARTIKEL AKHIR ZAMAN

yang Disunting Dari waones articles
dengan Judul Asli : 18 Tingkatan Manusia di Akhirat


 Pada pembahasan yang lalu, SBM telah menyinggung bahasan mengenai POTRET DALAM POSTER AKHIR ZAMAN, dan bila anda ingin membaca artikel lainnya yang berhubungan dengan artikel Akhir Zaman, silahkan klik Open dibawah ini dan Klik pada Link judul artikel tersebut.

Selamat membaca !!!
-------------
Klik Open >>>





























=========================
--------------------
Edisi Akhir Zaman
-------------

18 Tingkatan Manusia di Akhirat




--------------------

18 TINGKATAN MANUSIA DI AKHERAT MENURUT IJTIHAD IBNU QOYYIM AL JAUZIAH  

Assalaamu Alaikum  Warakhmatullaahi Wabarakaatuh.

Menurut Ibnu Qoyyim Al Jauziah ,  manusia di akherat kelak akan terbagi menjadi 18 tingkatan. Tingkatan-tingkatan tsb adalah sebagai berikut :
      
1. KELOMPOK PARA NABI DAN RASUL         ULUL AZMI .  
 Yang dengan perantaraan mereka kebaik -an dunia dan akherat terwujud.  Mereka   adalah  :  Nabi Nuh ,  Ibrahim , Musa , Isa dan Muhammad. 


 2.  PARA NABI DAN RASUL  25 YANG TERCANTUM DALAM AL QUR'AN SELAIN 
      ULUL AZMI.  

 3.  NABI YG TIDAK TERCANTUM DI AL QURAN.  .

4.  PEWARIS PARA RASUL. 
     Merekalah yang menegakkan kembali ajaran para Rasul....., dan mengajak                      manusia pada  Allah sesuai agama dan syari'atnya .    

5.  PEMIMPIN ISLAM YANG ADIL 
   Karena mereka ,hak2  manusia menjadi terpenuhi . Masyarakat  aman yang       lemah terlindungi,  yang zalim terhina .  Mereka menyuruh pada yang makruf dan   
mencegah dari yang munkar .   Rasulullah  saw  bersabda  :  
Sesungguhnya orang2  yang adil berada di atas mimbar2  dari cahaya  pada hari kiamat ,        di sebelah kanan Arrakhman.  Dan kedua tangannya adalah kanan .   Yaitu mereka yang adil dalam pemerintahannya, keluarganya dan jabatan yang diamanahkan pada mereka "(HR Muslim)  .Mereka adalah salah satu dari 7 golongan manusia yang mendapat naungan  Allah di hari penghisaban .  Karena ketika di dunia mereka menaungi manusia .... maka di hari penghisaban Allah akan menaungi mereka dengan keadilan dan rakhmatnya .

6.  MUJAHIDIN YANG BERJIHAD DI JALAN ALLAH.   Mereka adalah para tentara Allah yang menegakkan agamanya . ...menghancurkan musuh-      musuhnya  dan menjaga kehormatan Islam .  Mereka akan mendapat limpahan pahala dari      setiap orang yang dilindunginya.  Dengan jihadnya maka orang2 dapat beribadah dengan          tenang .  Mereka mendapat keutamaan yang tinggi  disebabkan  beratnya   beban  yang   harus  mereka pikul . Sungguh di saat mereka berjihad ....seringkali harus meninggalkan kesenangan hidup dunia , harta , anak dan isteri .  Dan medan jihad adalah merupakan tempat yang penuh dengan kesulitan dan sangat tidak mengenakkan .  Sering kepanasan dan  kehujanan  serta meletihkan .  
Dalam Al Qur'an dan Assunnah sering disebutkan tentang keutamaan dan keistimewaan mereka ...,  terlebih mereka yang telah mencurahkan harta dan jiwa dan terbunuh saat melawan musuhnya. Allah menjanjikan bahwa mereka akan mendapatkan keutamaan 100 derajat  di surga. 
  
7.  AHLUL  ITSAR .  
Mereka adalah orang2 yang selalu mendahulukan kepentingan orang lain .  Bersedekah dan berlaku baik pada manusia sesuai dengan kebutuhan dan kemaslahatan orang2 yang dibantunya .  Mereka adalah orang2  yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya .     
      
Dalam berinfak mereka melakukannya di waktu siang dan malam .... pagi atau petang .., di saat susah ataupun lapang ...,  secara sembunyi2  ataupun terang-terangan.  Mereka tidak pernah mengungkit (menyebut-nyebut) pemberian mereka , ataupun berbuat sesuatu yang dapat menghapuskannya . Mereka adalah orang2  yang bersikap sabar di saat kaya ...dengan cara tidak membelanjakannya pada perkara2 yang mubah atau mubazir dan bersikap itsar di saat membutuhkannya ..., yaitu senantiasa mendahulukan orang lain daripada dirinya sendiri .  Allah berfirman :            

"Orang2 yang  menafkahkan  hartanya di malam dan di siang hari secara  tersembunyi  dan  terang2an . ..., maka mereka mendapat pahala  di  sisi Tuhannya . Tidak  ada  kekhawatiran  pada  mereka dan tidak pula mereka  bersedih hati "  (QS  AL BAQARAH : 274) . 
Kelompok ini termasuk orang2 yang senantiasa bersegera mengerjakan kebajikan ...,   bersemangat mengerjakan amalan sunnah .... , meninggalkan yang makruh dan sebagian perbuatan yang halal demi menghindari perbuatan yang laghwun (tidak berguna).

8.  ORANG-ORANG YANG ALLAH BUKAKAN PINTU KEBAIKAN YANG BANYAK .
Kelompok yang menduduki peringkat ini adalah :  orang2 yang terbatas hanya mengerjakan amalan2  tertentu ,  misal sholat , puasa , zakat , haji , umroh , tilawah , zikir dan i'tikaf  di masjid .... yang dengan serius ia berusaha meningkatkan kebajikan serta memenuhi catatan amalnya ..... dan jika ia berbuat kesalahan ...maka segera bertobat pada Allah .
orang tsb berada pada jalan kebaikan yang banyak ....sampai meninggal.    Dan ketika meninggal .... , tertutuplah buku catatan amalnya ..., tidak seperti orang2 yang berjihad  bersedekah , ataupun yang punya anak sholeh yang senantiasa mendoakannya setiap saat...., yang mana pahalanya akan terus mengalir ...., sehingga catatan amalnya akan terus bertambah , meskipun orangnya sudah meninggal .

9.  ORANG2  YANG SELAMAT   (AHLUN  NAJAT)
Yaitu orang2 yang hanya mengerjakan yang wajib2 saja ....  dan meninggalkan dosa2 besar yang dilarang Allah .... tak kurang dan tak lebih .  Mereka menjadi selamat karena Allah menghapus dosa2 kecil yang ada padanya .  Firman Allah :  " Jika kamu menjauhi dosa2 besar diantara dosa2 yang dilarang kamu mengerjakannya .... ,  niscaya kami hapus kesalahan-kesalahanmu yang kecil , dan kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga)  (QS  AN NISAA' : 31) 

10. ORANG2  YANG DIKARUNIAI TOBAT SEBELUM MATINYA . 
Yang masuk dalam kelompok peringkat sepuluh adalah : orang2 yang melakukan dosa2 besar .... namun Allah mengaruniakan tobat sebelum matinya .... , sehingga ia meninggal dalam keadaan bertaubat dan Allah pun menghapus dosa2nya  di masa lalu  dan menggantikannya dengan kebaikan taubat yang memperberat timbangan amal kebajikannya . 

11. ORANG2 YANG SEKALI WAKTU BERBUAT KEBAJIKAN DAN DI WAKTU LAIN               BERBUAT DOSA .
Yang masuk ke dalam kelompok ini adalah : Orang2 yang sekali waktu berbuat kebajikan dan di waktu   lain  berbuat  dosa  besar ....  kemudian  meninggal  dalam  keadaan belum bertobat pada Allah ...... namun  kebaikan  mereka lebih  berat  timbangannya  daripada dosanya . Mereka termasuk orang2 yang selamat dan beruntung . Firman Allah : 
"Timbangan pada hari itu ialah keadilan .  Barang siapa berat timbangan kebaikannya..., maka mereka itulah orang2 yang beruntung , dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, itulah orang2 yang merugikan dirinya sendiri , disebabkan mereka selalu  mengingkari ayat2 kami " . (QS  AL A'RAF : 8 - 9) 

12. ORANG2  YANG AMAL KEBAIKANNYA BERIMBANG DENGAN KEJAHATANNYA
      
Hudzaifah   dan  ibnu   Abbas   berkata  :   mereka yang berimbang amal kebaikan dan  kejahatannya ,  kebaikannya menyelamatkannya dari neraka ...., dan kejahatannya menghalanginya untuk masuk surga .  maka mereka menempati Al A'raf .... menunggu putusan Allah . Dan akhirnya dengan Rakhmat Allah... mereka diijinkan masuk surga .  
      
Allah berfirman :  "Dan di antara keduanya (penghuni surga dan neraka) ada batas . Dan di atas batas itu (Al A'raf) ada orang2 yang mengenal masing2 dari kedua golongan itu....., dengan tanda2 mereka .  Dan mereka menyeru penduduk surga "Salamun Alaikum"  .
mereka belum lagi memasukinya .....sedang mereka ingin segera memasukinya .Dan apabila pandangan mereka dialihkan ke arah penduduk neraka .....mereka berkata  :
"Ya Tuhan kami ..... janganlah engkau tempatkan kami bersama orang2 yang zalim itu" (QS  AL A'RAF : 46 - 47)   
          
13. ORANG2 YANG PENUH DENGAN KEMAKSIATAN DAN RINGAN TIMBANGAN                  KEBAJIKANNYA .
       
Mereka adalah umat Islam yang banyak berbuat maksiat sehingga dosa mereka melebihi kebajikannya .  Menurut ahlis sunnah .... mereka akan dihukum sesuai kadar dosanya ...., setelah impas .... , mereka kemudian diagkat ke surga dengan rakhmat Allah .  
Rasulullah bersabda :  "Mereka masuk neraka dan dihukum sesuai kadar perbuatan     mereka.  Di antara mereka ada yg dibakar di neraka hingga mata kakinya .... , ada yang  dibakar hingga ke betisnya..., adapula yang dibakar hingga lututnya , kemudian keluar  darinya dan tumbuh lagi di sungai2 surga .  Penghuni surga menyiramkan air kepada mereka kemudian tumbuhlah jasadnya ....kemudian mereka masuk surga .(HR. MUSLIM)
     
Kelompok inilah yang akan masuk surga dengan syafaat nabi Muhammad .  lantaran    keimanan mereka...  meskipun sebesar biji sawi . 

14.  KELOMPOK MANUSIA YG TIDAK MEMPUNYAI KEIMANAN DAN TIDAK PULA
       KETA'ATAN .... , KEMAKSIATAN  DAN TIDAK PULA AMAL SHOLEH.
       
Mereka adalah orang gila ,  orang yang tidak sampai dakwah kepadanya , orang tuli yang tidak bisa mendengar selama hidupnya ,  termasuk anak-anak orang musyrik dan kafir  yang  meninggal   dunia  sewaktu   kecil .  Terhadap  kelompok  ini ,    para ulama berbeda pendapat tentang nasib mereka di akherat .  terutama tentang kedudukan bayi orang kafir yang mati sewaktu kecil .  

Tentang bayi orang Islam ... , mereka sepakat bahwa ia akan masuk surga , sebagaimana firman Allah : 

"Dan orang2 yang beriman , dan yang anak cucu mereka mengikuti mereka dalam keimanan ,  kami hubungkan anak cucu mereka dengan mereka , dan kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala amal mereka . Tiap- tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya" (QS  ATH THUR : 21)  .  
       
Sedang kedudukan bayi orang kafir , mereka berbeda pendapat hingga ada delapan     pendapat . Namun menurut pendapat yang paling shahih yang mewakili dan dapat mengakomodir seluruh dalil-dalil yang ada adalah :  

pendapat terakhir yang menyatakan bahwa mereka nanti akan diuji lagi pada hari kiamat .  Jika orang2 tsb sukses dalam ujian maka mereka akan masuk surga dan jika gagal mereka akan masuk neraka. 
       
Di antara hadits yang digunakan hujjah oleh Ibnu Qayyim dalam masalah ini adalah       sabda Nabi yang berbunyi  :  

"Ada empat orang yang mengajukan protes kepada Allah pada hari kiamat ...,  orang tuli yang tidak dapat mendengar sesuatu apapun , Orang lanjut usia , orang bodoh dan orang yang meninggal di masa fatrah (masa vakum antara  dua Rasul) .  Orang tuli berkata "Wahai Rabbku , sungguh Islam telah datang, namun aku tidak dapat mendengar sedikitpun tentangnya " .  Orang bodoh berkata : 

" Wahai   Rabbku, sungguh Islam telah datang , namun anak2 kecil melempariku dengan kotoran binatang" .  Orang lanjut usia berkata : "Wahai Rabbku , sungguh Islam telah datang,  namun aku tidak dapat memikirkannya".  Sedang orang yang meninggal di masa fatrah   berkata : "Wahai Rabbku tidak ada utusan yang datang kepada kami " , lalu Allah  mengambil  sumpah mereka untuk taat kepadaNYA.  Setelah itu Allah mengutus malaikat kepada mereka dan menyuruh mereka masuk neraka.  

Demi dzat yang jiwaku berada di tanganNYA, jika mereka masuk ke dalam neraka tersebut ,  maka neraka tsb menjadi  sejuk , dan menyelamatkan (HR.  Ahmad dan Ibnu Hibban dengan sanad shahih).
       
Dalam hadits lain disebutkan "Maka barang siapa yang masuk ke neraka tersebut,         niscaya neraka tsb menjadi sejuk dan menyelamatkan.  Dan barang siapa yang tidak    masuk kepadanya , ia akan dikembalikan (dipaksa masuk) ke dalamnya" .    
Hukum di atas berlaku juga bagi bayi orang kafir yang meninggal , dengan demikian jelas sudah kedudukan mereka nanti di akherat .  Adapun orang gila yang sudah pernah berakal , maka hukum mereka adalah hukum sebelum mereka gila.  Jika termasuk seorang muslim , maka kedudukan sebagaimana tingkatan - tingkatan di atas.

15. ORANG2  MUNAFIK ZINDIK.             


yaitu orang2 yang menampakkan keisla-  
mannya  mengikuti  para  Rasul   secara   lahir .   Dirahasiakan    kekafiran    dan      permusuhannya kpd Allah dan Rasulnya 
   
Mereka adalah orang2 munafik yang kelak berada   di  lapisan  kerak   neraka   yang  paling dalam .  Allah berfirman :
        
"Sesungguhnya orang2 munafik itu           ditempatkan pada tingkatan yang paling   bawah   dari  neraka.  Dan  kamu  sekali-   kali tidak akan mendapat seorang   penolong pun bagi mereka (QS AN NISAA' : 145)  

Ciri khas mereka di dunia adalah permusuhannya yg sengit kepada orang2  yg menginginkan tegaknya syari'at Allah di muka bumi ,  lebih suka berwali kepada orang2 kafir , sempit hatinya jika kaum muslimin mendapat kemenangan dan gembira jika kaum muslimin tertimpa musibah .   Mereka selalu membuat opini buruk tentang Islam , mengolok - olok syari"at  ,  menyakiti kaum muslimin ,  membantu orang kafir dalam memerangi orang Islam .  
Mereka paling berat untuk berjihad ,  jika mereka berjihad hanya menjadi beban kaum muslimin ,  karena ulah mereka yg selalu menggembosi semangat .  Mereka mengatakan bahwa perang adalah jihad yg paling rendah nilainya di sisi Allah . 

Mereka selalu memerintahkan yg munkar dan mencegah yg makruf ,  pelit berinfak ,  apalagi berinfak  dalam jalan Allah .  Jarang berzikir ,  suka meremehkan dosa ,  gemar berdusta ,  khianat dan sumpah palsu . 

Di dunia mereka juga sholat ,  namun sholat mereka untuk memata - matai kaum muslimin .    Mereka paling malas mengerjakan sholat berjama'ah , terlebih sholat subuh dan isyak .  Mereka juga berpuasa , mengerjakan haji ,  I'tikaf dan berkumpul bersama kaum muslimin ,  namun mereka lakukan bukan karena Allah,  mereka melakukannya agar masih bisa disebut seorang muslim dan dapat berbaur dg kaum muslimin,  dg tujuan agar tipu daya mereka bisa mengena .  Sungguh mereka telah tertipu angan2  mereka .  Perhatikan firman Allah berikut ini : 

" Kabarkanlah kepada orang-orang munafik bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih,  yaitu orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mu'min. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah."  (QS  AN NISAA'  :  138 - 139) 

Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka; dan Allah mela`nati mereka; dan bagi mereka azab yang kekal . (QS AT TAUBAH : 68) 

Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman: "Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu". Dikatakan (kepada mereka): "Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)". Lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa.  Orang-orang munafik itu memanggil mereka (orang-orang mu'min) seraya berkata: "Bukankah kami dahulu bersama-sama dengan kamu?" Mereka menjawab: "Benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu (kehancuran kami) dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah; dan kamu telah ditipu terhadap Allah oleh (syaitan) yang amat penipu.  (QS  AL HADID : 13 - 14) . 


16 . PEMIMPIN - PEMIMPIN KAFIR 

Pemimpin2  kafir , gembong2 nya dan para penyeru kekafiran yang menghalang - halangi manusia dari jalan Allah ,  mereka akan mendapatkan siksa dua kali lipat .  Dan bagi mereka dua siksa , siksa atas kekufurannya dan siksa atas sikap mereka menghalang - halangi manusia dari jalan Allah .    

Allah berfirman :  
" Sesungguhnya Allah mela`nati orang-orang kafir dan menyediakan bagi mereka api yang menyala-nyala (neraka),  mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; mereka tidak memperoleh seorang pelindungpun dan tidak (pula) seorang penolong.  
Pada hari ketika muka mereka dibolak-balikkan dalam neraka, mereka berkata: "Alangkah baiknya, andaikata kami ta`at kepada Allah dan ta`at (pula) kepada Rasul".
Dan mereka berkata: "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah menta`ati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan yang benar.  Ya Tuhan kami, timpakanlah kepada mereka azab dua kali lipat dan kutuklah mereka dengan kutukan yang besar".  (QS  AL  AHZAB : 64 - 68) 


17.  PARA PENGIKUT KEKAFIRAN 

Mereka adalah orang kafir yg bodoh ,  orang2  musyrik yg taqlid kepada nenek moyang mereka . Para penganut agama Yahudi , Nasrani , Majusi , Shabi'in setelah datangnya Rasulullah  SAW  dan tidak beriman kepadanya , juga para penyembah kubur.  Mereka berada pada peringkat ini meskipun waktu di dunia mereka tidak memusuhi kaum muslimin .   Seperti isteri dan para pembantu2  mereka . 
Pada hari kiamat nanti para pengekor kekafiran ini akan protes kepada pemimpin - pemimpin mereka yang telah menyesatkan mereka waktu di dunia .  Mereka menyesal dan berkata :  

" Seandainya kami tidak mengikuti kalian , niscaya kami termasuk orang2 yg beriman"

Dialog antara mereka banyak disebutkan dalam Al Qur'an  (Lihat QS  Al Baqarah : 166 - 167 ,  Al  A'raf : 38 ,   Al  Ghafir : 47 - 48 ,  Saba' : 31 - 33 ) 

18.  GOLONGAN JIN YANG KAFIR 
Allah berfirman: "Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (kedalam neraka), dia mengutuk kawannya (yang menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: "Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman: "Masing-masing mendapat (siksaan), yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui".  ( QS  AL  A'RAF : 38) 


Demikianlah kira2  tingkatan manusia di akherat kelak menurut Ijtihad Ibnu Qayyim Al Jauziah .   Semoga ini bermanfaat bagi rekan2  muslim semua , untuk memacu diri ... agar memperoleh tingkatan yg tertinggi yg bisa didapat .  
Akhirnya kami cukupkan sekian  Wassalaamu Alaikum Warakhmatullaahi Wabarakaatuh .            

Sumber:http://ayraalby.multiply.com
http://alfirqahannajiah.wordpress.com 
-------------
--------------

Dengan adanya keimanan yang tertanam dalam hati, manusia akan mengakui kekurangan dan kelemahan dirinya dihadapan Allah sehingga tidak sempat menyombongkan diri. Bahkan manusia akan selalu merendahkan diri, memohon petunjuk dan menerima kritik dari orang lain.

 Sehingga bersihlah jiwanya baik dalam berperilaku maupun dalam beramal zariyah yang pada akhirnya makin meningkatlah rasa taqwanya pada Allah.

 
Sumber Artikel  (wisatapedia.web.id)
Sumber Gambar (dari berbagai sumber)




---------------

Sumber asli ;
https://granadamediatama.wordpress.com/poster/penciptaan-alam-semesta-dalam-al-quran-dan-sains/ 


http://waones-sbm.blogspot.com/2015/03/pemikiran-dan-pandangan-modern-dalam.html


Bila anda akan meng-copy atau memperbanyak bahasan artikel ini, seyogyanya anda tetap mencantumkan sumber pada Sumber asli dan bahan tulisan di atas.


Demikian artikel tentang 18 Tingkatan Manusia di Akhirat
Semoga bisa menjadi hiburan dan terutama menambah wawasan anda ...

Kembali ke Halaman Utama >>>>
Pemikiran dan Pandangan Modern Dalam ARTIKEL AKHIR ZAMAN


I Hope you like the post. Stay connected for more...


Edit; wawansurya
Sumber utama bahasan;
http://wawansurya.de.vu
http://wawansurya.tk
http://wawansurya.infos.st
http://wwbisnis.blogspot.com
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com

Terima kasih sudah Mau Berkunjung Keblog Ini .. bila ada yang tidak berkenan .... Comment aja ... yah!!!

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.