Jumat, 05 Oktober 2012

Chef Marinka : Chef Imut yang Mempesona






Sekilas tentang Chef Marinka yang Mungil;


Marinka, lahir 22 Maret 1980, adalah salah satu juri di acara MasterChef Indonesia di RCTI, salah satu saluran yang paling khas di Indonesia. Wanita bernama asli Maria Irene Susanto ini adalah lulusan sekolah kuliner French Cuisine & Patisserie Le Cordon Bleu di Sydney.

Sebagai seorang guru memasak lepas dan juga lulusan seni, makanan adalah salah satu seninya. Ia sangat bersemangat memasak dan juga bereksperimen dengan semua jenis makanan, khususnya perpaduan masakan Indonesia. Misinya adalah satu hari nanti membuat makanan, budaya dan seni Indonesia menjadi terkenal di dunia.





Setelah bertahun-tahun menggali ilmu di luar negeri, dan beberapa kali mengembangkan karirnya di dunia kuliner, akhirnya ia kembali ke Indonesia. Bagi yang pernah Cooking in Paradise di Trans7 pasti tau sosok chef cantik ini.
Sebelum mengasuh acara masak, Rinrin sempat membuka kafe pada 2005. Kafe itu bernama Warung Telur Ceplok dan terletak di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan. Harga menu yang dijualnya tergolong murah, berkisar Rp 20-35 ribu. Namun, karena keliru menerapkan konsep pemasaran, warungnya hanya bertahan 1,5 tahun.

Selain mengasuh acara masak dan menjadi juri dalam acara MasterChef Indonesia, Rinrin menjadi pengajar tamu di Pantry Magic Cooking School, Kemang. Dalam waktu dekat, ia juga akan membuka sekolah atau tempat kursus sendiri di Jalan Hasyim Asyari. Namanya "R Kitchen". "Ruangan kelas masih dalam penataan tahap akhir," ujarnya.

GALERI FOTO: Happy Cooking With Chef Marinka
Album Marinka












Rinrin Marinka, Koki Mungil penggemar olahraga ekstrim;

TEMPO Interaktif, Jangan pernah takut bereksperimen dalam memasak. Hal itu menjadi salah satu tip yang ditulis oleh Rinrin Marinka, 31 tahun, dalam bukunya, Fantastic Cooking. Ia mengaku sudah hobi berkecimpung di dapur sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Aneka bahan makanan yang ada biasa ia campur sekenanya. Hasilnya? "Kalau tidak gosong, ya, kuenya jadi bantat," kata dara kelahiran 22 Maret 1980 itu diiringi derai tawa.

Tapi Rinrin tak pernah kapok. Kelak, hobi memasak itu amat berguna saat ia melanjutkan sekolah di Australia. Di sela mempelajari bidang desain di Jurusan Art & Design KvB Institute di Sydney, ia biasa mengisi waktunya dengan memasak. Bahkan, ketika sekolahnya di bidang desain telah rampung, ia memperpanjang tinggal di Negeri Kanguru dengan bersekolah di Le Cordon Bleu Sydney selama hampir dua tahun. Banyak orang menganggap ini sekolah terbaik di dunia untuk belajar masak-memasak.







Baca Selengkapnya
Rinrin merasa tak ada yang salah dengan keputusannya itu. Memasak baginya merupakan salah satu bentuk seni. Sebagai seniman, kata penyuka parfum Lovely dari Jessica Sarah Parker itu, seorang koki atau chef harus mampu mengeksplorasi untuk membuat makanan yang lengkap sehingga bisa dinikmati secara rasa dan visual. "Kepribadian seseorang bisa dilihat dari cara masak dan menyajikan makanan di piring dan meja," ujarnya.

Jika dilihat sekilas dari keahlian memasak dan tubuhnya yang mungil, orang akan mengira ia pribadi yang "rapuh". Siapa sangka dengan tinggi badannya yang cuma 158 sentimeter dan berat 48 kilogram, pemilik nama asli Maria Irene Susanto ini, adalah penggemar olahraga ekstrim. Berbagai macam olahraga yang biasa digeluti kaum lelaki, seperti menyelam, arung jeram, paralayang, panjat dinding, hingga tinju, sudah pernah dicobanya. Oleh karena itu, meski sekilas tampak lembut dan seksi, sejatinya Rinrin bisa amat tegas dalam bersikap.

Selain dipenuhi buku-buku tentang memasak, perpustakaan penthouse pribadinya di kawasan Harmoni, Jakarta Pusat, juga menyimpan buku sastra karya William Shakespeare, hingga Harry Potter dan Eragon. Selain itu, Rinrin juga menyimpan boneka lelaki setengah badan yang terbuat dari karet. "Itu pengganti samsak kalau aku latihan bertinju," ujarnya. Meski penggemar olahraga maskulin, Rinrin menyiasatinya agar tetap bisa terlihat feminin. Warna pink pun jadi pilihannya. Mulai sarung tinju, celemek, hingga gagang peralatan untuk memasak semuanya berwarna merah muda.

Kiprah Rinrin di dunia kuliner di Tanah Air melejit saat ia membawakan acara Cooking in Paradise di Trans7. Sebelumnya, ia telah menjadi pembawa acara Sendok Garpu di JakTV. Dalam acara di Trans7, Rinrin ditantang untuk membuat masakan dari bahan-bahan ala kadarnya yang ditemui selama berpetualang di daerah yang ia kunjungi. Karena kegiatan memasak lebih sering di alam terbuka, mau tak mau busana yang dikenakannya harus disesuaikan dengan cuaca yang panas.

Dari situlah muncul stigma terhadap Rinrin sebagai sexy chef , seperti halnya Farah Quinn yang memandu Ala Chef di TransTV. "Enggaklah, kami berbeda, kok. Jadi, jangan dibandingkan," ujarnya.
Rinrin punya obsesi suatu hari nanti bisa menciptakan modifikasi menu Nusantara dan membawanya ke dunia internasional sebagai ciri khas Indonesia. "Misalnya, hasil eksperimen saya, oncom bebek atau mi abon dengan kualitas rasa internasional," tuturnya.


Profil dan Biodata Master Chef Marinka yang imut;

Hobi memasak Chef Marinka tumbuh sejak SD. Mulanya berbagai macam bahan masakan dicampur dan diolah sesuka hati, dan hasilnya? “BUSUK” kalau kata Chef Juna. Selama 8 tahun di Sydney, ia terbiasa melakukan segala hal sendiri. Inspirasi muncul dari majalah, buku masak dan sumber lainnya. Chef Marinka nggak mudah menyerah, ia terus bereksperimen berbagai masakan dan kue.


“Seniman itu, kan kalau enggak puas, akan mengulang lagi. Begitu juga dengan memasak. Kalau enggak enak, mending diganti. Memasak itu harus sempurna. Kalau enggak, jangan disajikan deh.” kata chef lulusan Sydney ini.
Aku setuju dengan kalimat ini. Kenapa? Makanan yang para chef hasilkan ini adalah makanan berkualitas, rata-rata berkelas. Nggak mungkin seseorang mau bayar mahal untuk makanan yang rasanya biasa-biasa aja, khan? Aku jelas nggak mau bayar makanan yang satu porsi seharga minimal 80.000 untuk makanan yang rasanya nggak super duper enak. Gimana dengan kalian?:)

Profil dan Biodata
Biodata:
Nama: Maria Irene Susanto (Rinrin Marinka)
Kelahiran: Jakarta, 22 Maret 1980

Pendidikan:
SD-SMP Gandhi International School, Jakarta, Indonesia
SMU Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang
Jurusan Art & Design KvB Institute, Sydney, Australia (1998-1999)
Visual Communication kajian utama Fashion Design di KvB Institute (1999-2002)
Le Cordon Bleu, Sydney, Australia (2002-2004)

Acara TV:

Kuis Rezeki Ramadhan SaSa di Trans7
Selebrita Siang di Trans7
Selamat Pagi di Trans7
Cooking in Paradise di Trans7
Sendok Garpu di JakTV
Sisi Kota untuk TVN
Dunia Laki-laki di JakTV
MasterChef Indonesia di RCTI
Film Bunian (pemeran utama), produksi Merah Putih Production di Sydney, Australia

Mengajar:
Pantry Magic Cooking School, Kemang (pengajar tamu)

Buku:
Fantastic Cooking, Gramedia, Maret 2011

Happy Cooking With Chef Marinka;



Maria Irene Susanto atau yang dikenal sebagai Chef Marinka, Juri acara Master Chef Indonesia ini bakal ke Malang, Ngalamers. Kedatangannya ke Malang itu karena ia didaulat sebagai bintang tamu acara bertajuk "Happy Cooking with Chef Marinka".

Jadwal Acara
"Happy Cooking With Chef Marinka" ini sendiri dipersembahkan oleh Blooms (Bistro Pastry) dan Kalimaya Bhaskara FM. Rencananya, event ini bakal dihelat pada:
Hari: Minggu
Tanggal: 14 Oktober 2012
Waktu: 09.00 WIB s/d Selesai
Tempat: Blooms (Bistro Pastry), Jl. Raya Langsep No. 60 Malang
HTM:
VIP - Rp 150.000,-
Regular - Rp 125.000,-
On the spot - Rp 150.000,-
Harga tiket tersebut sudah termasuk:
Memasak Bersama Chef Marinka
Foto Bersama Chef Marinka
Coffee Break & Snack From Blooms
Goodie Bag
Certificate
Doorprize
Ngalamers bisa mendapatkan tiket Happy Cooking With Chef Marinka di:
1. Blooms (Bistro Pastry)
Jl. Raya Langsep No. 60, Malang
0341-565489
2. Radio Kalimaya Bhaskara FM
Jl. Banten No. 1, Malang
0341-580357
3. Gramedia Matos Lantai 2
Jl. Veteran Malang

Tertarik untuk mengikuti Happy Cooking dan Ingin bertemu Chef Marinka serta bisa belajar masak dengan dia? Datang ke Jakarta Culinary - Pantry Magic Cooking School, Kemang – Jakarta.

Ohya ..trims ya Marinka untuk ijin Posting dan pertemanan di Facebooknya.
semoga sukses terus ..

Edit kembali ; wawansurya
Sumber ;
www.malang.com
yahoo.news.co.id
www.affiliate-waones.com






Artikel Menarik Lainnya :



1 komentar:

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.