Selasa, 12 Februari 2013

Hyperion: Pohon Hidup Paling Tinggi di Dunia






Hyperion: Si Jangkung dari California

Hyperion, adalah sebuah pohon Coast Redwood di California, dengan ketinggian 115,5 m ini merupakan pohon tertinggi di dunia, yang ditemukan pada tahun 2006. Hyperion adalah nama sebuah pohon redwood pantai California Utara yang telah dikonfirmasi untuk mengukur 115,55 m (379,1 kaki), yang menempati peringkat tertinggi di dunia yang dikenal masih hidup.

Meskipun tinggi, Hyperion bukanlah coast redwood terbesar yang diketahui.
karena untuk pohon yang terbesar dan kini sudah ditetapkan yaitu dari jenis pohon Sequoias, dan  Sequoias yang paling besar hingga kini namanya adalah pohon general Sherman.





Sebelum membahas lebih jauh tentang Pohon ini, mungkin nanti anda tertarik untuk membaca tentang Pohon yang ada kaitannya dengan artikel yang saya tulis ini.

Silahkan baca pada Blog terkait atau pada halaman lainnya dalam artikel dibawah ini;
- Stratosphere Giant: Sijangkung Pohon Yang tergantikan
- Sequoias: Panorama Indah Pohon Raksasa Tinggi dan Besar di Dunia
- Pengukuran Pada Hyperion pohon tertinggi di dunia
- Hyperion: pohon hidup tertinggi di dunia Bag.1
- Hyperion: pohon hidup tertinggi di dunia Bag.2

Dan mungkin anda tertarik untuk membaca artikel Tentang Pohon lainnya;

Rekor pohon tertinggi dunia yang semula dipegang sebuah pohon redwood yang dinamai Stratosphere Giant, ternyata telah dipatahkan. Ilmuwan menemukan tiga pohon di sebuah hutan di California bagian utara yang lebih tinggi daripada pohon itu.

Stratosphere Giant
Pejabat kehutanan Amerika Serikat Rick Nolan menyatakan, para ilmuwan itu menemukan tanpa sengaja. Ketika tengah mengikuti jalan setapak di hutan lebat dekat Eureka, California pada musim panas, mereka menemukan ketiga pohon redwood pantai yang lebih tinggi daripada Stratosphere Giant setinggi 113 meter.

Pengawas Taman Nasional Redwood itu mengatakan pohon tertinggi dari tiga pohon itu mencapai 115,2 meter, dan dinamai Hyperion  Namun pengukuran tambahan akan dilakukan untuk mengkonfirmasi rekor baru itu, sebelum menyatakan Hyperion sebagai pohon tertinggi.

“Ada dugaan kuat bahwa tiga pohon ini lebih besar daripada pohon yang tumbuh di ekosistem redwood pantai,” kata Nolan. “Mereka akan jadi pohon hidup tertinggi.”

Tebalnya kanopi hutan redwood California menghalangi pandangan para ilmuwan yang ingin mengukur ketinggian pohon. Selain harus berjuang menyusuri hutan yang amat lebat itu, para ilmuwan terpaksa harus memanjat ketiga pohon untuk menjatuhkan tali pengukur ke dasar hutan untuk memperoleh angka akurat.

“Mustahil bagi seseorang di permukaan tanah untuk memilih mana yang lebih tinggi dari ketiganya,” kata Ruskin Hartley, direktur konservasi Save-the-Redwoods League.
Sumber: http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2006/09/10/brk,20060910-83721,id.html

DI pesisir pantai Pasifik sebelah utara negara bagian California, AS, suatu areal yang tidak jauh dari Big Sur di selatan dan negara bagian Oregon di utara, wilayah sempit sepanjang 80 km dari utara hingga selatan, seluas 429,30 km2 memiliki hutan purba Redwood (Sequoiadendron giganteum) yang termegah dan terbesar di dunia yakni The Redwood National and State Parks.
Pepohonan Redwood di Amerika Serikat (AS) adalah jenis pohon tertinggi di dunia, juga salah satu makhluk hidup terbesar di dunia. Berumur panjang dan bertubuh raksasa.

pohon Redwood
Batang utama pohon Redwood dewasa dapat mencapai ketinggian 100 meter lebih, usianya malah lebih panjang lagi. Sejumlah Redwood sudah berdiri di atas bumi selama 3.000 tahun. Menurut perkiraan, sebagian diantaranya telah menyaksikan gonjang ganjing di bumi 5.000 tahun lamanya. Ditambah lagi kayu Red Wood tumbuh dengan pesat, kemungkinan hidupnya juga sangat tinggi, tak peduli tiupan angin, terpaan hujan dan sengatan matahari melabrak tubuhnya yang bongsor, gigitan semut dan rongrongan rayap serta api liar tak mampu pula menembus kulitnya yang tebal dan berdaya tangkal terhadap serangan hama.
Itulah sebabnya Redwood AS diakui sebagai salah satu jenis pohon paling bernilai dan paling raksasa di dunia.

Redwood ialah saksi mata sejarah bumi yang begitu panjang. Di negara bagian California terdapat sebatang Redwood yang dinamakan â??bintang panjang umurâ??, usianya sudah melebihi 2.200 tahun. Bintang Panjang Umur ini telah lahir sebelum kelahiran Kristus, ia tumbuh besar seiring dengan perubahan dunia. Diameternya di ketinggian dada adalah 4 meter, volume kayu lebih dari 700 m3. Apabila kayu tersebut diambil bisa dipergunakan untuk membangun 30 lebih ruang kelas.

Baru-baru ini di dalam hutan belantara tersembunyi di utara California ditemukan lagi sebatang pohon Redwood yang telah memecahkan rekor sebelumnya. Ia dipastikan adalah pohon tertinggi di dunia yang mencapai 114 meter.





Penemuan Pohon Jenis Redwood

 Pohon Redwood AS
Sekelompok Pohon Redwood AS ini telah berdiri tegak selama ribuan tahun di atas bumi. Kehijauan di dalam gunung menyimpan bayang-bayang tubuh manusia raksasa, tapi kini hanya pelintas gunung yang bagaikan semut merambat di bawah kakinya, dan mitos tersebut tersiar di seantero pegunungan.

Seorang Spanyol pada 1769 untuk kali pertama menemukan sosok raksasa Redwood tersebut. Hampir 30 tahun kemudian, Seth, orang Skotlandia mengumpulkan spesimen buah, daun ranting dan benih, sekali lagi mengenalkan tumbuhan ini kepada dunia. 100 tahun kemudian pada 1847, seorang ahli botanik Austria dengan menggunakan nama kepala suku orang Indian Amerika Utara untuk penamaan nama genus Redwood, barulah waktu itu Redwood menjadi terkenal di dunia.
sumber; (uniktapifakta.com)




Hyperion (tree)
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas


Hyperion adalah nama sebuah pohon redwood pantai ( Sequoia sempervirens ) di California Utara yang diukur pada 115.61 meter (379,3 kaki), yang menempati peringkat sebagai pohon hidup tertinggi dikenal di dunia.  Meskipun tinggi besar, Hyperion bukanlah yang terbesar dikenal redwood pantai, perbedaan yang dimiliki oleh Monarch Hilang pohon.

Hyperion ditemukan 25 Agustus 2006 oleh naturalis Chris Atkins dan Michael Taylor . Pohon itu diverifikasi berdiri 115.55 meter (379,1 ft) tinggi oleh Stephen Sillett . Pohon itu ditemukan di daerah terpencil Taman Nasional Redwood dibeli pada tahun 1978. The lokasi yang tepat dari pohon belum terungkap ke publik karena takut bahwa lalu lintas manusia akan mengganggu ekosistem pohon menghuni. Pohon ini diperkirakan mengandung 18.600 kaki kubik (530 m 3 ) dari kayu,  dan menjadi sekitar 700-800 tahun.
Para peneliti menyatakan bahwa burung pelatuk kerusakan di atas pohon dicegah dari mencapai 380 kaki (115,8 m).
Pada bulan Februari 2012, Hyperion adalah fitur di Radio BBC 4 dokumenter James dan Redwood raksasa oleh James Aldred.

Inilah Pohon Tertinggi Di dunia

Hyperion

"Hyperion", adalah Pohon redwood tertinggi, mencapai ketinggian  115,5 meter dan dapat ditemukan di Redwood National Park dekat San Francisco.









Detail:
Fotografer: Joel Skok
tanggal Database: 2012/10/27
Lokasi: Redwood National Park, Del Norte di County
Spesimen: redwood pantai(Sequoia sempervirens)"9484"
Koordinat: 41.668296, -124,121132 N41 40,09776 W124 7,2679200000002 41 ° 41 '40,1 "N, 124 ° 124' 7.3" W








Read more at ;
-http://izismile.com/2012/10/09/enormous_sequoia_trees_are_hard_to_miss_22_pics-1.html#xV1w5gUo8OczJZs4.99
http://izismile.com/2012/10/09/enormous_sequoia_trees_are_hard_to_miss_22_pics.html#GU8j1Eub7pdETjEl.99


 Untuk melihat gambar lainnya dalam ukuran Besar (Klik open)

"Orang yang berdiri di bawahnya bagaikan dongeng â??Jack dan Kacang Polongâ??. Para ilmuwan demi mengesahkan rekor ini telah berjerih payah merayap hingga pucuk pohon tersebut, dan akhirnya baru mengakui rekor dunia terbaru ini. Para pakar menamakan raja pohon baru yang berusia antara 700-800 tahun sebagai Dewa Hyperion dari dongeng Yunani kuno, ia lebih tinggi 2,4 m daripada pemegang rekor dunia terdahulu. Sekarang Dewa Hyperion sudah sah menjadi pohon tertinggi di dunia".

Demikianlah sekilas gambaran mengenai Hyperion: pohon hidup tertinggi di dunia Bag.1, dan bertahan tumbuh sampai saat ini.

Go Green for Save the Earth:
“Bumi ini memiliki musuh yang luar biasa hebatnya, yaitu manusia”.
Memang benar adanya manusia adalah musuh bumi setelah kita lihat dengan seksama gaya hidup manusia beserta dampak yang ditimbulkan dari ulah tersebut.
“Kita telah mendapatkan anugrah alam terbaik dan termahal yang pernah ada, yaitu bumi yang hijau dan lestari".
Bertindaklah dengan menjaga, merawat dan melestarikannya sebelum terlambat.

Semoga postingan diatas bisa bermanfaat.. dan setidaknya menjadi penambah wawasan pengetahuan anda ... salam.

Edit; wawansurya
Sumber ;
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
en.wikipedia.org/wiki/
http://www.nationalgeographic.com
http://www.tarol.com/sequoiahunt.html
http://www.fs.fed.us/r5/sequoia/gsnm/gsnm-boole-tree.html

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



1 komentar:

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini RISWANTO AKIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI ZYEH MAULANA yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit ,kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI ZYEH MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon di 085298275599 Untuk yg di luar indon telefon di +6285298275599,Atau KLIK DISINI
    saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI,
    KEAMPUHAN ZIKIR AKI ZYEH MAULANA
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris
    5.Perintah Tuyul
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI ZYEH MAULANA Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.
    SYARAT SEBAGAI BERIKUT:
    BERJANJI BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH,NABI MUHAMMAD UTUSAN ALLAH.
    BERJANJI AKAN MEMULAI HIDUP YANG BARU BERJALAN KE JALAN YANG BENAR,
    BERLUTUT DAN MEYEMBAH KEPADA ALLAH SWT.
    "Allahumma inni a'udzubika minal hammi wal hazani wa a'udzubika minal 'ajzi wal kasali wa a'udzubika minal jubni wal bukhli wa a'udzubika min ghalabatiddaini wa qahrirrijali"

    "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia." Kata Abu Umamah radhiyallahu 'anhu: "Setelah membaca do'a tersebut, Allah berkenan menghilangkan kebingunganku dan membayarkan lunas semua hutangku." (HR Abu Dawud 4/353)

    BalasHapus

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.