Selasa, 12 Februari 2013

Summit Road : Pohon Terbesar kelimabelas di Dunia






Summit Road Tree: Pohon Terbesar kelimabelas di Bumi





Pohon Summit Road Tree sebagai Salah satu Pohon terbesar ini tidak bisa dibilang pohon Raksasa lagi, meski masuk dalam daftar pohon 15 terbesar di dunia. Karena untuk disebut pohon raksasa harus masuk dalam daftar 4 besar, bahkan meski masuk dalam 10 besar tidak bisa dikatakan lagi pohon raksasa.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang salah satu Pohon terbesar di bumi ini, mungkin nanti anda ingin tahu juga tentang Pohon terbesar yang lainnya. Untuk itu anda bisa lihat pada blog atau halaman terkait lainnya dalam artikel lain dibawah ini;

Daftar 15 Pohon Terbesar Yang ada Di Seluruh Dunia
General Sherman Tree: Pohon Terbesar kesatu di Dunia
President Tree: Pohon Terbesar kedua di Dunia
General Grant Tree: Pohon Terbesar ketiga di Dunia
Lincoln Tree: Pohon Terbesar keempat di Dunia
Stagg Tree: Pohon Terbesar kelima di Dunia
Boole Tree: Pohon Terbesar keenam di Dunia
Genesis Tree: Pohon Terbesar ketujuh di Dunia
Franklin Tree: Pohon Terbesar kedelapan di Dunia
King Arthur Tree: Pohon Terbesar kesembilan di Dunia
Monroe Tree: Pohon Terbesar kesepuluh di Dunia
Robert E. Lee Tree: Pohon Terbesar kesebelas di Dunia
John Adams Tree: Pohon Terbesar keduabelas di Dunia
Ishi Giant Tree: Pohon Terbesar ketigabelas di Dunia
Column Tree: Pohon Terbesar keempatbelas di Dunia
Summit Road Tree: Pohon Terbesar kelimabelas di Dunia

Hutan ‘Giant Forest’, terkenal karena adanya pohon raksasa sequoia yang berada dalam Taman Nasional Sequoia. Hutan, yang letak geografinya berada di ketinggian lebih dari 6.000 kaki (1.800 m) ini, terletak di barat Sierra Nevada of California . Empat dari sepuluh pohon terbesar berdasarkan volume terberat bisa dikategorikan sebagai ‘Pohon Raksasa’.

Giant Forest - Nevada
Telah ditetapkan bahwa dalam Giant Forest. ada 4 Giant Sequoia Yang terbesar, yang sampai saat ini masih belum tergantikan. adapun keempat sequoia tersebut adalah;
- General Sherman Tree
General Grant Tree
- President Tree
- Lincoln Tree

Seperti dengan pohon-pohon lainnya, pengukuran sequoias raksasa ini dilakukan dengan menggunakan Tehnik dendrometric . Pengukuran yang paling sering digunakan di lapangan meliputi tinggi pohon, dimensi horizontal, dan yang mempunyai diameter setinggi dada (DBH). Pengukuran ini kemudian mengalami allometry pohon , dengan mempekerjakan ahli matematika dan beberapa ahli statistik untuk memperkirakan jumlah atau bobot volume daripada pohon tersebut.

Pohon Tertinggi dan Terbesar
Perlu diketahui, ada 2 jenis pohon terbesar di dunia. Yaitu, jenis Coast Redwoods sebagai pohon tertinggi di dunia dan jenis Giant Sequoias sebagai pohon terberat (volume terbesar).
Berikut ini adalah penjelasannya:

1) COAST REDWOODS

Coast Redwoods
Merupakan pohon asli dai pantai Barat Amerika Serikat. Pada usia dewasa, tinggi pohon ini bisa mencapai 60-75 meter, bahkan pernah ditemukan pohon Coast Redwoods dengan tinggi lebih dari 110 meter.

Nama Redwoods sendiri diambil dari warna kayunya. Pertumbuhan pohon jenis ini sangat cepat. Bisa sekitar 30 cm dalam setahun. Diameter dari pohon jenis ini rata - rata sekitar 3,14 meter.

Hyperion (lihat gambar), sebuah pohon Coast Redwood di California, dengan tinggi 115,5 m (379,1 kaki) ini merupakan pohon tertinggi di dunia, yang ditemukan pada tahun 2006. Hyperion sebuah pohon redwood pantai California Utara yang telah dikonfirmasi menempati peringkat tertinggi di dunia yang dikenal masih hidup. Meskipun tinggi, Hyperion bukanlah coast redwood terbesar yang diketahui.




2) GIANT SEQUOIAS

Jenderal Sherman
Ini merupakan pohon terbesar yang pernah ada di muka bumi ini. Walaupun tingginya hanya mencapai sekitar 90 meter, namun diameter dari pohon ini bisa mencapai 9 meter. Usia dari pohon ini bisa mencapai 2000-3000 tahun.

Saat ini, pohon Giant Sequoias hanya bisa ditemui di Sierra Nevada Mountains - California Tengah dan telah masuk ke dalam daftar pohon yang dilindungi sejak tahun 1890.

Salah satunya adalah Jenderal Sherman ( lihat gambar) yakni salah satu dari pohon Giant Sequoia raksasa tertinggi di dunia dengan ketinggian sekitar 275 kaki (84,8 meter). Meskipun bukan pohon tertinggi di dunia, ini adalah yang terbesar di dunia dalam volume.

Pada tahun 2002, volume batangnya berukuran sekitar 1487 meter kubik. Pohon ini terletak di Giant Forest of Sequoia National Park di Amerika Serikat. Usia Pohon diyakini antara 2.300 dan 2.700 tahun. Nama pohon ini diambil dari nama seorang pimpinan Perang Saudara Amerika, Jenderal William Tecumseh Sherman, oleh seorang naturalis James Wolverton pada tahun 1879 yang pernah bertugas sebagai Letnan di bawah komando Sherman pada Kavaleri Indiana ke-9.

Adapun mengenai pohon  Summit Road Tree sendiri saya mempunyai kesulitan mencari bahan referensi sebagai bahan tulisan saya secara lengkap mengenai pohon yang menduduki peringkat kelimatbelas tersebut.
Coba anda googling melalui Link yang saya referensikan dibawah ini;

http://www.nationalgeographic.com
http://www.tarol.com/sequoiahunt.html


pohon Summit Road Tree

Statistik
The Summit Road Tree
Meter
Kaki
Tinggi di atas dasar
74.4 
244.0
Lingkar di tanah
25.1 
82.2
Diameter 1,5 m di atas dasar
Diameter 18 m (60 ') atas dasar
Diameter 55 m (180 ') atas dasar
Perkiraan bole Volume (m³. ft ³)
1,040 
36,600


Demikianlah sekilas gambaran mengenai Summit Road Tree: Pohon Terbesar kelimabelas di Dunia sampai saat ini.

Go Green for Save the Earth:
“Bumi ini memiliki musuh yang luar biasa hebatnya, yaitu manusia”.
Memang benar adanya manusia adalah musuh bumi setelah kita lihat dengan seksama gaya hidup manusia beserta dampak yang ditimbulkan dari ulah tersebut.
“Kita telah mendapatkan anugrah alam terbaik dan termahal yang pernah ada, yaitu bumi yang hijau dan lestari".
Bertindaklah dengan menjaga, merawat dan melestarikannya sebelum terlambat.

Semoga postingan diatas bisa bermanfaat.. dan setidaknya menjadi penambah wawasan pengetahuan anda ... salam.

Edit; wawansurya
Sumber ;
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
en.wikipedia.org/wiki/
http://www.nationalgeographic.com
http://www.tarol.com/sequoiahunt.html

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.