Sabtu, 23 Februari 2013

Tips Bagaimana cara Mengambil Screenshoot atau Gambar pada Layar PC atau Laptop



SCREENSHOT ON 'SCREEN'
Postingan ini ditujukan khusus buat yang belum tahu cara mengambil gambar screenshoot pada layar komputer dan memotong gambar screenshoot..





screenshoot terkadang diperlukan untuk mendokumentasikan sesuatu. Screenshot itu sendiri adalah suatu tangkapan berbentuk gambar atau video atas sebuah layar monitor. Gambar atau video ini dapat anda distribusikan untuk menunjukkan sesuatu, misalnya kecepatan internet, proses membuat suatu karya atau hal-hal lainnya. Anda juga dapat membuat screenshot sebagai barang bukti digital atas kejahatan orang lain. Dimana orang itu mungkin saja sudah menghapus bukti tersebut dari jejaring sosial misalnya.

Untuk itu, buat kamu yang belum tahu cara mengambil screenshoot pada layar komputer, kamu bisa simak caranya dipostingan ini.. postingan ini saya buat dengan mencantumkan gambarnya juga, agar mudah dipahami :)
yuuk.. kita simak cara mengambil gambar/screenshoot pada layar komputer dan cara memotong gambar screenshoot.

Cara Mengambil Gambar/Screenshoot pada Layar Komputer:

Pertama >>>>>
Coba kamu tekan tombol 'Print Screen SysRq' untuk mengetahui apakah tombol pada PC atau laptop anda berfungsi atau tidak?
Caranya dengan menekan tombol 'Print Screen SysRq' , jika tidak tahu dimana letak tombol tersebut ? silakan bisa lihat gambar dibawah:



Tombol 'Print Screen SysRq' pada PC





Tombol 'Print Screen SysRq' pada Laptop

(biasanya tombol ini terletak pada bagian atas)


Nah jika ditekan ternyata Bisa muncul perintah atau tombol itu berfungsi untuk melakukan Screenshoot anda bisa langsung menggunakannya.

Selanjutnya;
• kamu tentukan dulu gambar mana yang akan kamu ambil screenshootnya pada layar monitor, Misalkan anda  ingin mengambil screenshoot seperti profil google plus saya, seperti ini:



• Tekan tombol 'Print Screen SysRq' tadi, lalu kamu buka 'Paint' (Menu Start > All Program > Accessories > pilih Paint)
• Lalu tekan Ctrl + V pada Paint, maka hasilnya seperti ini:


• Lalu kamu simpan (File > Save As)
• Selesai.

Akan tetapi ada juga baik Laptop maupun PC yang tidak bisa kebuka Program 'Print Screen SysRq' nya. hal ini disebabkan mungkin aflikasi tersebut terdelete atau program bawaannya belum terinstal secara maksimal.
Untuk mengatasi masalah tersebut coba anda instal aplikasi menggunakan Software screen capture gratisan, salah satunya adalah PrtScr.
silahkan download melalui link dibawah ini.
http://www.fiastarta.com/PrtScr/PrtScrSetup.exe

Link Download : PrtScr.
Ukuran File : 2.34 MB
Operating System : Windows 7, Vista, and XP
Harga : Free





Memang Banyak aplikasi freeware atau gratisan saat ini dengan fitur-fitur yang cukup dapat diandalkan, dan tentu sangat membantu sekali bagi pengguna komputer yang tak mau mengeluarkan biaya untuk memilikinya.
Adapun software yang bernama PrtScr ini, adalah salah satu software gratis yang dapat digunakan untuk mengambil gambar pada layar komputer anda dengan mudah dan cepat.

Juga aplikasi PrtScr ini sangat bermanfaat sekali bagi anda yang ingin mengambil gambar yang ada dilayar komputer anda. Baik itu gambar dari internet maupun tampilan software tertentu yang ingin anda ambil gambarnya untuk dijadikan tutorial. PrtScr pun dapat mengambil gambar secara menyeluruh atau full screen maupun pada bagian tertentu dari gambar yang ingin anda ambil. Penggunaannya pun cukup mudah, anda dapat mengambil gambar yang ada pada layar komputer anda dengan menekan CTRL + Prt Scr pada keyboard komputer anda.

Cara penggunaannya ;
- Setelah anda mendownload afiliaksi tersebut, anda bisa langsung untuk menginstalnya
( Biasanya aflikasi tersebut setelah terpasang secara otomatis akan muncul bila ditekan CTRL + Prt Scr )

- Selanjutnya, jika kita ingin mengambil gambar layar penuh kita bisa langsung menekan tombol print screen atau "prt sc sysrq"
lhat gambar:

Gambar Dilayar Komputer dengan PrtScr -


- Jika ingin membuat Hot Key atau tombol tertentu untuk mengaktifkan aplikasi PrtScr ini, anda dapat mengaturnya pada Settings. Gambar yang dihasilkan dapat berupa format gambar yang populer seperti JPG, BMP, dan PNG. Selain itu, PrtScr juga mendukung multiple monitor dan dapat mengambil gambar cursor mouse komputer anda.
Lihat gambar dibawah


- Jika kamu hanya ingin mengambil screenshot pada jendela sedang aktif, tahan tombol ‘alt’ ketika menekan tombol printscreen.

- Kemudian anda langsung masuk ke menu paint pilih paste atau tekan tombol "ctrl dan V" secara bersamaan.

Atau >>>>>>>>

Jika kamu ingin mengambil gambar screenshot lebih akurat, kamu dapat menggunakan 'Snipping Tool' (Windows Vista/7/8). biasanya terletak di folder aksesoris untuk mencarinya atau Untuk membuka snipping tool, klik pada start dan ketikkan pada kotak pencarian "snipping tool" (tanpa tanda kutip). Program bawaan windows ini akan tampil dan siap dijalankan.


Gambar untuk snipping tool


Tombol yang akan muncul pada layar monitor

Hasil dari pada Prin screen yang telah kamu buat biasanya otomatis tersimpan dalam folder tersendiri dengan nama “My Screen Captures”
Contoh gambar dibawah seperti dalam folder punya saya


- Ganti nama folder teersebut sesuai nama yang anda inginkan.
- Selesai.


Berikut dibawah ini ada beberapa tutorial tambahan sebagai pelengkap, apabila anda kurang mengerti dengan penjelasan diatas.



Cara mengambil screenshot gambar pada Windows
Tidak dibutuhkan aplikasi khusus untuk mengambil screenshot gambar pada Windows. Yang perlu anda lakukan adalah sebagai berikut:
Buka sebuah image editor, boleh Adobe Potoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw atau bahkan hanya sekedar Microsoft Paint.
Arahkan layar yang akan anda tangkap gambarnya menjadi layar yang terlihat lalu tekan tombol Prnt Scratau Prt Sc yang terletak di sebelah kanan atas dari keyboard anda.
Untuk laptop, anda diharuskan menekan tombol fn bersamaan ketika menekan tombol Prt Sc. Tombol fn ini ada di sebelah kanan dari tombol CTRL sebelah kiri bawah keyboard anda.
Setelah itu arahkan fokus anda ke image editor yang sudah anda buka. Pada lembar kerja yang ada, cari menu Paste maka tangkapan gambar layar anda akan tertempel disitu.
Anda bisa mulai menyuntingnya, membuang bagian yang tidak perlu, menambahkan anotasi dan lain sebagainya.

Cara mengambil screenshot gambar pada Linux
Kami mengkhususkan anda yang menggunakan desktop GNOME saja yang dapat mengikuti tips ini. Desktop lain kami belum mencoba.

Cara yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
  • Arahkan jendela yang ingin anda tangkap gambarnya supaya dalam keadaan aktif.
  • Tekan Prnt Scr atau Prt Sc di pojok kanan atas.
  • Layar anda akan berkedip seperti sedang difoto dan selesai.
Anda tidak perlu lagi membuka image editor seperti di Windows karena anda bisa langsung mendapatkan gambar berformat PNG di folder Images di dalamHome anda. Cari file dengan tanggal dibuat yang paling baru, dan itulah screenshot yang anda buat. Setelah anda menemukannya, anda bisa menyuntingnya dengan menggunakan GIMP atau yang lainnya.

Cara mengambil screenshot video
Mengambil screenshot video juga cukup mudah. Yang anda perlukan adalah aplikasi yang tepat. Di Internet terdapat banyak aplikasi gratis yang dapat digunakan untuk membuat screenshot. Salah satu contohnya adalah 'ManyCam'. Aplikasi ini dapat merekam dari desktop anda dan juga dari webcam yang terpasang pada komputer anda. Settingnya pun sangat mudah bahkan bagi orang awam sekalipun.

Tips diatas adalah untuk sistem operasi Windows, untuk Linux anda tidak memerlukan aplikasi lainnya. Anda hanya perlu menekan tombol Shift+Ctrl+Alt+R secara bersamaan hingga muncul sebuah gambar lingkaran warna merah di sebelah kanan bawah sebagai tanda bahwa rekaman sedang dilakukan. Ini akan merekam semua aktivitas desktop anda. Untuk menghentikannya, anda cukup menekan tombol yang sama hingga gambar warna merah di kanan bawah hilang. Anda dapat melihat video rekaman desktop anda di folder Video yang ada di dalam Home anda. Selamat mencoba!

Sampai disini postingan Cara Mengambil Screenshoot atau Gambar pada Layar PC atau Laptop sebagai salah satu kunci kesuksesan menulis artikel yang bisa anda terapkan khususnya yang baru terjun di dunia blogger pemula seperti saya.

Dan setelah anda mengetahui Cara Mengambil Screenshoot atau Gambar pada Layar PC atau Laptop,  mungkin anda tertarik untuk belajar mengabungkan beberapa gambar untu bahan presentasi atau gambar lebih simple tampilnya dan lebih hemat halaman. Silahkan anda baca pada artikel  Cara Mudah mencetak beberapa slide menjadi satu halaman pada ms power point 

Semoga postingan  Cara Mengambil Screenshoot atau Gambar pada Layar PC atau Laptop diatas dapat bermanfaat untuk anda, salam sukses selalu ...

Edit; wawansurya
Sumber ;
www.affiliate-waones.com
http://waones-sbm.blogspot.com
http://mitra-sbm.blogspot.com

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.