Selasa, 04 Desember 2012

Cara Memperbaiki Link Rusak di Blog menggunakan Software




Brokenlinks menggunakan Software


Dalam sebuah blog, kadang-kadang kita tidak menyadari ada beberapa link yang rusak, atau lebih dikenal dengan istilah broken link.

Banyaknya broken link di dalam sebuah blog cenderung tidak disukai oleh Google maupun oleh pembaca blog. Sebaiknya anda segera memperbaiki atau bahkan menghapus broken link yang ada di blog anda. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara menemukan link rusak di blog anda menggunakan Software.







Sebelumnya anda juga bisa mengetahui Link rusak dengan cara yang lain, baca artieklnya di bawah ini;
Cara Mengetahui Link Rusak (Broken Link) yang Ada di Blog
http://mitra-sbm.blogspot.com/2012/12/cara-memperbaiki-link-rusak-broken-link.html

Broken link bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya karena anda pernah menghapus suatu halaman tertentu karena anda anggap itu tidak diperlukan lagi. Atau mungkin anda pernah membuat link url yang salah saat penulisan pembuatan link. Atau mungkin link keluar blog yang anda buat sudah tidak ada atau telah dihapus. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Nah, broken link inilah yang akan menyebabkan munculnya halaman error 404. Jika banyak terjadi error seperti ini, maka akan membuat pembaca dan visitor blog anda malas mengunjungi bloganda. Sementara error 404 tersebut, anda sebenarnya dapat mengatasi error 404 tersebut.

Lalu pertanyaannya sekarang, bagaimana anda bisa mengetahui dan melihat adakan broken link dalam blog anda? Caranya cukup mudah kok. Jika Mesin bot pencari pun mendapati banyak error di blog kita, maka itu pun pengaruhnya tidak baik pada SERP dan SEO kita. Anda sebenarnya dapat menggunakan situs-situs penyedia fitur broken link checker. Sudah banyak situs yang menyediakan fasilitas pengecekan broken link secara online. Atau anda juga bisa install plugin worpdress tersendiri di blog anda. Namun, kali ini saya akan memberikan informasi mengenai salah satu cara cek broken link dengan software yang terinstall pada pc atau laptop anda.

Sebaiknya, anda melakukan pemeriksaan link yang rusak atau broken link di blog anda paling tidak setahun dua kali. Bayangkan jika anda harus mengecek satu persatu dengan membuka setiap link yang ada di blog anda, wuiiiih… pasti melelahkan. Periksa setiap halaman dan link satu persatu, error atau tidak, waduh bisa 1 tahun baru bisa selesai. Hehehe….

Ada sebuah software yang memudahkan anda untuk melakukan pekerjaanpemeriksaan broken link pada blog anda. Untuk download software ini gratis. Software gratis ini akan sangat memudahkan anda untuk mendapati broken link di blog anda. Anda dapat menggunakan Xenu Link Sleuth atau disebut dengan Xenu saja. Tapi sayangnya, program ini hanya support Windows saja sementara ini.
Anda dapat download software komputer gratis pengecek broken link ini di situs resminya:

http://home.snafu.de/tilman/xenulink.html

Setelah anda install dan menjalankan program atau software tersebut, anda cukup mengetikkan url website atau blog anda, maka secara otomatis software tersebut akan mengecek seluruh link yang ada di blog anda satu persatu sekaligus. Verifikasi atau pemeriksaan link ini dilakukan pada “normal” link, gambar, frame, plug-in, latar belakang, dan sebagainya.

Sebagai hasil kerja software ini, nanti anda akan mendapatkan laporan yang berisi deretan daftar link linkyang rusak yang ada pada blog yang anda periksa tadi. Termasuk adanya link pengalihan, url yang masih valid atau tidak rusak, dan masih banyak lagi laporan lengkapnya.

Dengan begitu anda kini dapat membeperbaik link-link yang tersebut dengan memanfaatkan google webmaster atau dengan langsung melalui blog anda sendiri di dalamnya. Setelah anda download free software untuk cek broken link tersebut, semoga kini blog anda semakin sehat dan semakin banyak visitor yang merasa nyaman berkunjung ke blog anda.

Sekian .. Semoga berguna dan bermanfaat.


Edit ; wawansurya
Sumber;
www.affiliate-waones.com
http://mitra-sbm.blogspot.com/
http://mitra-sbm.blogspot.com/

merchant 
Search Engine




Artikel Menarik Lainnya :



2 komentar:

  1. wah..informasinya sangat bagus dan manfaat sekali, trimakasih infonya kawan..
    http://www.kangalip.com/

    BalasHapus
  2. Saya merekomendasikan pengujian SiteAnalyzer - program gratis untuk audit dan analisis teknis situs. Pada saat yang sama, serangkaian fungsi praktis tidak kalah dengan rekan berbayar - https://site-analyzer.pro/

    BalasHapus

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.