Selasa, 18 Desember 2012

Gliese 581d : Planet Kehidupan yang Serupa dengan Bumi






Gliese 581d : Sekilas gambaran Planet Kehidupan di luar Bumi




Gambar diatas adala ilustrasi panorama Planet Gliese 581d 

Berikut ini adalah gambaran sekilas mengenai ke tujuh Planet Baru lainnya yang diduga mempunyai Kehidupan;
- Kepler-22b : Salah Satu Planet Kehidupan Selain Bumi ?
- HD 85.512 b : Salah Satu Planet Layak Huni Kehidupan
- HD 40.307 g : Planet yang Penuh dengan Lautan
- Gliese 667 : Planet dengan atmosfernya mirip dengan Bumi
- Gliese 581 g : Planet Kehidupan yang diduga memiliki Masyarakat Maju
- Gliese 581d : Planet Kehidupan yang Serupa dengan Bumi
- Gliese 163 c : Planet yang memiliki Samudra Maha Luas
- Galaksi Bima Sakti ternyata memiliki Planet Kehidupan selain Bumi?

Gliese 581 d ( / ɡ l i ː z ə / ) atau Gl 581 d adalah yang diusulkan planet ekstrasurya yang mengorbit pada bintang Gliese 581 sekitar 20 tahun cahaya jauhnya di konstelasi dari Libra . Itu adalah planet ketiga diklaim dalam sistem dan (dengan asumsi model enam-planet) kelima dalam urutan dari bintang.
Meskipun tidak dikonfirmasi untuk menjadi planet terestrial dan secara signifikan lebih besar dari Bumi (di 3,1 kali massa Bumi), yang Super-Bumi adalah planet pertama massa terestrial diusulkan untuk mengorbit dalam zona habitasi bintang induknya.

Dengan asumsi keberadaannya, simulasi komputer iklim telah mengkonfirmasi kemungkinan adanya air permukaan dan faktor-faktor ini bergabung untuk ukuran yang relatif tinggi kelayakhunian planet . Ini akan memiliki Indeks Kesamaan Bumidari 0,74.

Usulan penemuan
Sebuah tim astronom yang dipimpin oleh Stéphane Udry dari Observatorium Jenewa menggunakan HARPS instrumen diObservatorium Eropa Selatan 3,6 meter yang teleskop di La Silla , Chile untuk menemukan planet pada 2007. Tim Udry yang dipekerjakan kecepatan radial teknik, di mana massa dari planet ditentukan berdasarkan gangguan kecil itu menginduksi dalam bintang induknya orbit melalui gravitasi .

Pada bulan September 2012, Roman Baluev disaring keluar "kebisingan merah" dari data Keck dan menyimpulkan bahwa keberadaan planet ini kemungkinan hanya 2,2 standar deviasi.

Orbital karakteristik


Gliese 581 d orbit Gliese 581 di 0,21847 AU, sekitar seperlima dari jarak bahwa Bumi mengorbit Matahari, meskipun eksentrisitas orbit yang belum dikonfirmasi. Saat ini ada dua model untuk orbitnya, yang melingkar seperti Bumi, dan yang eksentrik seperti Mercury . Ini didasarkan pada planet empat dan enam model planet untuk sistem Gliese 581, masing-masing. Berdasarkan model empat planet Gliese 581 d kemungkinan besar akan berada dalam resonansi spin-orbit 2:1, berputar dua kali untuk setiap orbit bintang induknya. Oleh karena itu hari pada Gliese 581 d kurang harus hari 67 bumi panjang.

The jarak orbit menempatkannya di batas luar zona layak huni, jarak di mana diyakini mungkin bagi air untuk eksis di permukaan planet tubuh. Pada saat penemuannya, orbit planet ini awalnya diyakini lebih jauh, namun pada akhir April 2009 tim penemuan asli merevisi perkiraan semula parameter orbit planet, menemukan bahwa mengorbit lebih dekat ke bintangnya dibandingkan dengan awalnya diyakini dengan periode orbit dari 66,87 hari. Mereka menyimpulkan bahwa planet berada dalam zona layak huni di mana air cair dapat eksis.

Fisik karakteristik
Gerakan bintang induknya menunjukkan massa minimum untuk Gliese 581 d dari 5,6 kali massa Bumi (analisis sebelumnya memberikan nilai yang lebih tinggi). dinamis simulasi sistem Gliese 581 dengan asumsi bahwa orbit dari tiga planet yang Coplanar menunjukkan bahwa sistem menjadi tidak stabil jika massa planet melebihi 1,6 - 2 kali nilai minimum. Menggunakan nilai massa sebelumnya minimum untuk Gliese 581 d, ini berarti suatu batas atas untuk massa Gliese 581 d dari 13,8 massa Bumi. Komposisi planet ini, bagaimanapun, tidak diketahui.

Iklim dan habitability

Perbandingan planet baru dengan bumi
The zona layak huni Gliese 581 dibandingkan dengan zona layak huni tata surya kita, menunjukkan Gliese 581 d dekat tepi luar
Sebagai planet ini tidak diketahui transit dari Bumi dan kondisi atmosfer yang tidak bisa diamati dengan teknologi saat ini, tidak ada suasana untuk planet ini telah dikonfirmasi sampai saat ini. Dengan demikian, prediksi iklim semua untuk planet ini.

Gliese 581d, sebuah planet bebatuan raksasa yang mengitari sebuah bintang red dwarf (bintang dengan massa lebih rendah dibanding Matahari dan bersuhu di bawah 4000 derajat Kelvin) dikonfirmasi sebagai planet pertama yang memenuhi persyaratan mampu menampung kehidupan.

Planet yang berjarak sekitar 20 tahun cahaya dari Bumi ini merupakan salah satu tetangga terdekat planet kita. Ia diperkirakan bersuhu cukup hangat dan cukup basah untuk menumbuh kembangkan kehidupan serupa yang dimiliki planet Bumi.

Sebelum ini, perhatian astronom justru fokus ke saudaranya, yakni planet Gliese 581g, setelah diketahui bahwa planet itu memiliki massa serupa dengan Bumi dan juga berada di dekat zona Goldilocks.

Gliese 581d mengorbit di zona Goldilocks (kawasan di mana kehidupan dimungkinkan terbentuk) milik bintang Gliese 581. Seperti diketahui, di Goldilocks zone, temperatur tidak terlalu panas sehingga menyebabkan air mendidih ataupun tidak terlalu dingin hingga membuatnya membeku namun berada di suhu yang tepat agar air tetap dalam bentuk cair.

“Dengan atmosfir yang padat akan karbon dioksida, yang merupakan skenario paling memungkinkan untuk planet berukuran raksasa, iklim di Gliese 581d stabil dan cukup hangat untuk memiliki samudera, awan, dan curah hujan,” kata peneliti National Centre for Scientific Research (CNRS).

Dikutip dari daily Galaxy, 19 Mei 2011, menurut penelitian yang dipublikasikan di Astrophysical Journal Letters, Gliese 581d memiliki massa setidaknya 7 kali lipat dibanding Bumi berukuran sekitar 2 kali lipat planet Bumi.

Sebelum ini, perhatian astronom justru fokus ke saudaranya, yakni planet Gliese 581g, setelah diketahui bahwa planet tersebut memiliki massa serupa dengan massa Bumi dan juga berada di dekat zona Goldilocks.

Pertamakali ditemukan pada tahun 2007, Gliese 581d awalnya tidak masuk kandidat sebagai tempat untuk mencari kehidupan di luar Bumi. Salah satu alasannya adalah ia hanya mendapat sepertiga radiasi Matahari seperti yang didapat Bumi dan kemungkinan ‘tidally locked’ atau hanya satu sisi yang selalu menghadap mataharinya dan punya siang dan malam hari permanen.

Akan tetapi, pemodelan terbaru yang dibuat oleh Robin Wordsworth, Francois Forget, dan rekan-rekan ilmuwan CNRS lainnya menunjukkan hasil yang mengejutkan. Atmosfir planet itu mampu menyimpan panas berkat padatnya gas CO2 dan dihangatkan oleh cahaya dari bintangnya.

Data Komposisi Planet Gliese 581d

'Gliese 581d', adalah target pengganti Bumi
PLANET TARGET adalah 'Gliese 581d', yang merupakan target pengganti Bumi.
super-Bumi ini diperkirakan besarnya sekitar delapan kali lebih berat daripada planet kita sendiri. Gliese 581d dan tiga adik orbit planet yang dikenal yang rendah massa bintang katai merah Gliese 581, sekitar 20,3 tahun cahaya (194 triliun km) jauhnya dari kami, di konstelasi Libra.

European Southern Observatory
Gliese 581d adalah planet terpencil di sistem Gliese 581, dan mengorbit bintang induknya setiap 66,8 hari. Ini dapat ditutupi oleh laut besar dan mendalam dan merupakan kandidat serius pertama 'waterworld' ditemukan di luar tata surya kita.


Gliese 581 d
Induk Bintang
( α )
15 jam  19 m  26 s [ 1 ]
( δ )
-07 ° 43 '20 " [ 1 ]
( m V )
10,5 [ 1 ]
20,3 ± 0,3  ly
(6,2 ± 0,1  
pc )
M3V
( m )
0,31  M 
( r )
0,29  R 
( T )
3480 ± 48  K
[Fe / H]
-0.33 ± 0.12
7 - 11  Gyr
( a )
0,21847 ± 0,00028 [ 2 ] AU
( e )
( P )
66,87 ± 0,13 [ 2 ] d
(0,183 
y )


(1600 h )
( M )
56 ± 27 [ 2 ] °
( K )
1,91 ± 0,22 [ 2 ] m / s
Karakteristik fisik
( m sin i )
5,6 ± 0,6 [ 2 ] M 
Penemuan Informasi
Penemuan tanggal
24 April 2007
Penemu (s)
Udry et al.
Penemuan situs
Penemuan Status
Diperdebatkan [ 3 ]
Lain sebutan
HO Librae d, HO Lib d, BD-07 ° 4003 d, GJ 581 d, HIP 74.995 d, LFT 1.195 d, LHS 394 d, LPM 564 d, LTT 6112 d, NLTT 39.886 d, TYC 5594-1093-1 d , Wolf 562 d.
Database referensi

Bayangkan kehidupan dari permukaan planet ini - mataharinya, menjadi sepertiga ukuran Matahari dan 50 kali lebih lemah - akan menjadi cahaya, kusam merah di langit. Di bawah laut, yang dalam kemungkinan planet-meliputi, lapisan tebal es mengelilingi pusat berbatu planet. Ini adalah "pertama waterworld kandidat serius" , menurut astronom dan planet pemburu Stephane Udry, dari Observatorium Jenewa di Swiss, yang merupakan bagian dari tim yang menemukan planet pada bulan April 2007. The kelayakhunian ini waterworld, jauh mungkin tergantung pada komposisi dan keberadaan atmosfer. Suasana Venus-seperti, dengan efek rumah kaca, bisa merebus air jauh, sedangkan, tipis Mars-gaya atmosfer akan melihat menghaluskan es menjadi uap.Gliese 581d mengorbit mataharinya setiap 66,8 hari pada sekitar seperlima dari jarak dari Bumi dengan Matahari (0,22 unit astronomi, atau AU), lebih dekat dari perkiraan awal dan tegas dalam zona layak huni bintang itu menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Astronomi & Astrofisika pada bulan April 2009.

Perhitungan baru menunjukkan bahwa efek rumah kaca di bawah kondisi atmosfer yang tepat dapat memungkinkan air cair untuk bertahan di permukaannya. Dengan suasana karbon dioksida padat - skenario yang mungkin pada suatu planet besar - iklim tidak hanya stabil terhadap kehancuran, tetapi cukup hangat untuk memiliki lautan, awan, dan curah hujan. Udara lebih padat dan awan tebal akan menjaga permukaan di senja merah abadi keruh, dan massa yang besar berarti bahwa gravitasi permukaan akan menjadi sekitar dua kali lipat di Bumi.

Kesimpulan ESO / Franck Selsis, Universitas Bordeaux


Diagram ini menunjukkan jarak dari planet-planet di tata surya kita (baris atas) dan dalam sistem Gliese 581 (baris bawah), dari bintang-bintang mereka masing-masing (di sebelah kiri). Zona layak huni diindikasikan sebagai daerah biru, menunjukkan bahwa Gliese 581d terletak di dalam zona layak huni di sekitar rendah massa bintang katai merah yangTetangganya termasuk '581b ', raksasa es Neptunus berukuran (15 massa Bumi), dan '581e', planet ekstrasurya terkecil ditemukan sampai saat ini di 1,9 kali massa Bumi, yang garis-garis di sekitar matahari dalam hanya 3,15 hari. Planet lain yang menjanjikan dalam sistem, '581c '(lima massa Bumi), terletak di tepi hangat dari zona layak huni dan, jika memiliki suasana, mungkin terlalu panas untuk kehidupan tuan rumah. Sistem ini ditemukan menggunakan

Akurasi Tinggi Radial kecepatan Planet Searcher (HARPS) spektrograf, bagian dari 3,6 meter teleskop European Southern Observatory di La Silla, Chile. Instrumen sensitif mengambil bergetar sangat kecil dari cahaya yang disebabkan oleh tarikan gravitasi planet. . Sebagian besar exoplanets dikenal 360 ditemukan menggunakan teknik ini.

Planet Gliese 581d
Sejauh ini, pengetahuan kita tentang Gliese 581d samar - apa yang tampak seperti planet mungkin harus menunggu sampai meningkatkan teknologi. Atau sampai seseorang memanggil kembali. "Planet Target setidaknya memiliki keuntungan yang mungkin mendukung kehidupan," kata penulis ilmu pengetahuan dan teori fisikawan Paul Davies, ketua Taskgroup Pasca Deteksi SETI dari International Academy of Astronautics. "Itu tidak berarti hidup terikat untuk muncul di sana, namun. Bisa jadi hidup adalah fenomena aneh, yang terjadi hanya sekali di alam semesta teramati Di sisi lain, mungkin biasanya.. Dalam keadaan kami saat ini ketidaktahuan kita tidak tahu. "

Sekian tulisan mengenai gambaran tentang Planet Gliese 581d ...
Semoga bermanfaat .. dan bisa menambah wawasan anda, khususnya buat saya pribadi.

Edit ; wawansurya
Sumber;
www.affiliate-waones.com
http://mitra-sbm.blogspot.com
http://waones-sbm.blogspot.com
www.yaiyalah.com
id.wikipedia

merchant 
Search Engine

Artikel Menarik Lainnya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apabila ada saran atau dalam posting ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf. terima kasih sudah mampir di blog saya.